facebook

Suka Gosip dan Iri Hati, Ini 5 Orang yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Teman

Naufal Ikbar
Suka Gosip dan Iri Hati, Ini 5 Orang yang Sebaiknya Tidak Dijadikan Teman
Ilustrasi teman (Pixabay/Dimhou)

Memiliki banyak teman tidak selamanya menguntungkan. Ada kalanya seorang teman malah mendatangkan berbagai kerugian. Maka dari itu, penting untuk lebih selektif dalam memilih teman.

Sebenarnya, tidak ada yang salah berkenalan dengan banyak orang. Namun, ada orang dengan sifat tertentu yang sebaiknya dihindari untuk dijadikan teman.

Tukang Gosip

Secara naluri, manusia memang senang membicarakan orang lain atau bergosip. Itulah mengapa akun-akun gosip kini bertebaran di berbagai media sosial.

Namun, jika dilakukan secara berlebihan, gosip dapat menjadi sesuatu yang tidak baik. Begitu juga orang yang tergila-gila dengan gosip, dalam situasi apapun selalu membicarakan orang lain.

Sebaiknya hindari orang yang memiliki sifat demikian. Apalagi jika gosip yang dibicarakan dibumbui dengan kebohongan.

Sebab, hal tersebut dapat berdampak buruk, misalnya kita termakan gosip yang dibicarakan dan ikut membenci orang lain tanpa alasan jelas. Lebih buruk lagi, suatu saat bisa jadi kita yang menjadi objek gosip orang tersebut.

Memiliki Sifat Iri dan Dengki

Orang yang memiliki sifat iri dan dengki dapat membuat rusak hubungan pertemanan. Ia tidak akan pernah senang ketika orang lain meraih kesuksesan. Lebih buruk lagi, ia dapat melakukan segala cara untuk merusak kebahagiaan orang lain.

Suka Meremehkan Orang Lain

Bila ada seseorang yang suka meremehkan orang lain, maka pikir-pikir lagi untuk menjadikannya teman. Orang dengan sifat demikian biasanya tidak akan sudi mendukung dan mengapresiasi hasil kerja keras yang telah kita lakukan.

Setiap kali kita mengerjakan sesuatu, ia selalu memandang rendah. Ia menganggap kita tidak akan pernah mampu melakukannya.

Saat kita berhasil meraih sesuatu, ia akan tidak akan pernah melihat kerja keras yang sudah dilakukan. Sebaliknya, ia akan memandang keberhasilan kita sebagai keberuntungan semata.

Sok Tahu

Orang yang memiliki banyak pengetahuan sangat layak untuk dijadikan teman. Ia akan banyak memberikan berbagai pengetahuan baru untuk kita.

Berbeda halnya dengan orang sok tahu. Orang dengan sifat seperti ini sebaiknya tidak dijadikan teman.

Orang sok tahu kerap kali berusaha terlihat pintar dan mengoceh tentang berbagai hal yang sebenarnya tidak ia ketahui. Orang sok tahu juga memiliki kecenderungan menganggap orang lain lebih bodoh darinya.

Selalu Merasa Benar

Dalam hubungan pertemanan, penting untuk mengaku salah jika memang telah melakukan kesalahan. Hal tersebut penting untuk dilakukan agar hubungan pertemanan tetap terjaga.

Jika salah satu pihak tidak pernah merasa salah dan selalu menganggap dirinya benar, maka akan tercipta hubungan pertemanan yang tidak sehat. Pertengkaran sudah pasti tak dapat dihindari.

Oleh karena itu, hati-hati dengan orang yang selalu merasa benar. Pikir dua kali jika ingin berteman dengan orang seperti itu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak