facebook

4 Situs Gratis untuk Tes Kepribadian dan Bakat Minat, Wajib Coba!

Jessie YiCha
4 Situs Gratis untuk Tes Kepribadian dan Bakat Minat, Wajib Coba!
Ilustrasi orang sedang mengerjakan tes kepribadian, bakat dan minat (Unsplash/Jason Coudriet).

Mengetahui kepribadian dan bakat minat merupakan hal yang sangat penting sebelum memutuskan untuk mengambil program studi atau memilih bidang pekerjaan. Integrity Development Flexibility telah melakukan survei dan hasilnya menunjukkan bahwa 87 persen mahasiswa Indonesia merasa salah jurusan. 

Tentunya kamu nggak ingin termasuk dalam kelompok 87 persen orang ini bukan? Karena sekali salah jurusan, proses perkuliahan kamu ke depannya bakal terasa berat banget, loh. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui kepribadian dan minatmu, supaya saat menjalani perkuliahan nanti bisa merasa lebih enjoy

Berkenaan dengan itu, berikut ini ada 4 situs tes kepribadian dan minat bakat secara gratis yang bisa kamu coba.

MBTI (Myers-Briggs Type Indicator)

MBTI adalah suatu jenis tes psikologi yang membagi kepribadian manusia menjadi 16 jenis. Ini merupakan salah satu tes yang diakui akurat dan banyak digunakan oleh rekruiter saat proses pendaftaran kandidat dalam sebuah organisasi maupun perusahaan. Lewat tes MBTI, kamu bisa mengetahui kepribadian, kemudian mencari tahu pekerjaan dan jurusan apa yang cenderung cocok untuk kepribadian tersebut. 

Rencanamu.id

Rencanamu.id adalah platform Indonesia yang menyediakan tes psikologi untuk persiapan kuliah maupun dunia kerja. Tak hanya menjelaskan kepribadian dan bakat minat yang kamu miliki, Rencanamu.id juga menyajikan informasi tentang rekomendasi jurusan, pekerjaan, serta universitas yang sekiranya cocok dengan passion-mu. Jika ingin mengetahui perincian mata kuliah di jurusan tertentu, kamu juga bisa mengeceknya di platform ini, loh.

DISC

DISC merupakan salah satu tes kepribadian yang juga sangat sering digunakan dalam proses rekrutmen. Tes ini membagi kepribadian manusia menjadi 4 jenis, yaitu Dominance, Influence, Steadiness, dan Compliance. Berdasarkan hasil tes ini, kamu bisa mengetahui kelebihan, kelemahan, serta jenis-jenis pekerjaan yang cocok untukmu. 

O*NET Interest Profiler

O*NET Interest Profiler adalah tes penilaian kepribadian yang diciptakan oleh bursa kerja Amerika Serikat. Tes ini membagi minat orang menjadi 6 jenis yang dikenal dengan istilah RIASEC. Setelah menjawab beberapa pertanyaan, kamu bisa mengetahui rekomendasi pekerjaan dan persiapan yang dibutuhkan, seperti tingkat pendidikan, skill, kemampuan teknis, pengetahuan, kepribadian, prospek karier, dan masih banyak lagi. O*NET Interest Profiler juga akan merekomendasikan beberapa program pelatihan dan sertifikasi yang bisa membuatmu lebih dekat dengan karier impian. 

Itulah 4 situs gratis untuk tes kepribadian dan minat bakat yang perlu kamu coba sebelum memutuskan memilih jurusan tertentu di perkuliahan. Situs tes kepribadian mana yang ingin kamu coba terlebih dulu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak