facebook

5 Tips Melamar Kerja bagi Fresh Graduate, Siapkan Dirimu Baik-baik!

Jessie YiCha
5 Tips Melamar Kerja bagi Fresh Graduate, Siapkan Dirimu Baik-baik!
Ilustrasi Wanita Sedang Bekerja (Unsplash/Keren Levand).

Setelah lulus kuliah, semua orang mau tak mau harus memasuki dunia kerja untuk mendapatkan penghasilan dan bertahan hidup. Di sini, semua orang berlomba-lomba mendapatkan pekerjaan di tempat terbaik dengan gaji terbaik pula. Kenyataannya, persaingan di perusahaan akan jauh lebih ketat daripada saat kamu bersaing masuk ke PTN impian. 

Bagi seorang fresh graduate yang baru saja lulus kuliah dan belum memiliki pengalaman, mendaftar pekerjaan di perusahaan besar cenderung sulit karena persaingannya yang ketat. Orang-orang dari berbagai kalangan ikut bersaing memperebutkan posisi tertentu di perusahaan. Beberapa dari mereka mungkin sudah terlihat sangat unggul dan profesional. 

Namun, jangan menyerah terlalu awal. Sebenarnya, ada 5 tips yang bisa dilakukan para fresh graduate supaya lebih dekat dengan karier impian, loh. 

Perbanyak Pengalaman Organisasi

Selagi belum lulus kuliah, manfaatkan kesempatan untuk menambah pengalaman berorganisasi. Para rekruter cenderung lebih memandang pelamar yang memiliki pengalaman organisasi atau kepanitiaan karena mereka diekspetasikan memiliki kemampuan leadership, public speaking, maupun problem solving yang akan sangat dibutuhkan saat di dunia kerja nanti. 

Perluas Networking

Percaya atau tidak, networking akan sangat membantumu saat mencari pekerjaan nanti, karena kemungkinan kamu juga akan direkomendasikan oleh seorang kenalan untuk bekerja di posisi tertentu di perusahaan. Oleh karena itu, bangun personal branding yang baik dan jalin pertemanan positif seluas mungkin karena bisa jadi mereka yang akan menjadi jembatanmu untuk bekerja di perusahaan impian. 

Coba Ikut Program Sertifikasi

Sertifikasi merupakan salah satu poin yang akan dinilai rekruter saat kamu melamar pekerjaan. Sertifikat membuktikan kamu benar-benar menguasai kemampuan teknis di bidang kerja yang akan kamu lamar nanti. Di zaman serba digital ini, kamu bisa menemukan banyak program online course, training, dan sertifikasi yang diadakan lembaga-lembaga persiapan karier maupun startup. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak belajar, ya. 

Up To Date dengan Informasi Lapangan Pekerjaan

Supaya cepat mendapat pekerjaan, tentunya kamu harus up to date dengan informasi terkait lapangan pekerjaan. Kamu bisa mengikuti akun-akun lowongan pekerjaan di Instagram ataupun aktif di platform yang berfokus pada jejaring antarpekerja, seperti LinkedIn, JobStreet, dan Glints. Dengan begini, kamu bisa langsung tahu jika ada lowongan yang memiliki kecocokan dengan minat dan kemampuanmu.  

Persiapkan CV Sebaik Mungkin

CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup adalah dokumen yang sangat krusial saat melamar pekerjaan. Rekruter akan menilai kredibilitas dan kemampuanmu melalui proses screening CV ini. Jadi, pastikan kamu telah menggunakan format yang diminta perusahaan. Masukkan segala informasi yang relevan secara singkat, jelas, dan rapi. 

Itulah 5 tips melamar kerja bagi fresh graduate. Sebaiknya, tetap persiapkan diri sejak jauh-jauh hari supaya kamu bisa mengumpulkan lebih banyak pengalaman dan ilmu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak