facebook

Jangan Disepelekan, 5 Sikap Suami yang Sering Bikin Istri Kesal

Mutami Matul Istiqomah
Jangan Disepelekan, 5 Sikap Suami yang Sering Bikin Istri Kesal
ilustrasi suami istri

Menjadi pasangan suami istri memang seringkali mendapati banyak cerita yang unik dan menarik. Salah satunya adalah merasa kesal satu sama lain. Boleh jadi ketika sedang berpacaranpun punya banyak alasan kesal dengan pasangan. Tapi setelah berumah tangga, akan lebih banyak macamnya.

Sayangnya, tidak semua orang merasa peka bahwa yang dilakukannya tersebut bisa membuat pasangan kesal. Bahkan, mereka merasa biasa saja, seolah tidak ada apa-apa. Alangkah lebih baik, jika kamu menyimak hal di bawah ini untuk meminimalisir kekesalan istrimu. 

1. Tidak memiliki inisiatif

Yang pertama adalah suami yang tidak memiliki inisiatif. Istri sebenarnya punya kekuatan yang luar biasa dalam mengurus pekerjaan rumah tangga. Bahkan, sambil mengurus anakpun bisa dilakukan oleh istri seorang diri. 

Namun sebagai seorang suami, tidak ada salahnya untuk membantu. Tidak perlu menawarkan diri, karena biasanya hal tersebut akan di tolak oleh istri. Jadi, ketika kamu memiliki waktu senggang sedangkan melihat istri sedang kerepotan, kamu langsung saja mengambil alih pekerjaan yang kamu bisa. 

Tidak perlu merasa gengsi berada di dapur bersama istri maupun berbagi pekerjaan dengannya. Justru istri akan merasa sangat senang dan menghargai sikapmu sebagai suami yang perhatian.

2. Tidak mau menemani anak begadang

Yang kedua adalah tidak mau menemani anak begadang. Ada kalanya anak mengalami susah tidur atau bangun di tengah malam, entah karena lapar maupun mimpi buruk. Jika hal itu terjadi, sebaiknya seorang suami berusaha ikut terjaga dan siap siaga menemani si kecil. Kalau tidak mau berlama-lama atau tidak kuasa menahan kantuk, bisa bergantian dengan istri. Misalnya, beberapa jam kamu tidur, istri yang menjaga anak. Lalu setelahnya, istri yang tidur, kamu yang menjaga anak. Kalau anak bangun di tengah malam apalagi sampai rewel dan menangis, sedangkan kamu enak tidur, pasti istri akan merasa kesal dan marah.

3. Terlalu sering meminta maaf

Yang ketiga adalah terlalu sering meminta maaf. Memang ada kalanya kamu atau pasangan berbuat salah, dan memang seharusnya harus segera meminta maaf. Namun, bolak-balik meminta maaf juga bisa membuat pasangan merasa risih dan kesal.

Apalagi jika dilakukan dalam kondisi yang tidak pas. Misalnya saat istri sedang sibuk, sedang mengurus si kecil atau yang lainnya, lalu kamu berulang kali meminta maaf untuk satu kesalahan yang sudah kamu perbuat. Bukannya mengakhiri masalah, kamu justru bisa membuat masalah bertambah parah. Jadi, ketika kamu berbuat salah, segeralah minta maaf. Kalau istri sudah berkenan memaafkan, ya sudah. Tidak harus di ulang berkali-kali.

4. Penakut

Yang keempat adalah suami yang penakut. Seorang istri biasanya merasa takut atau geli kepada salah satu binatang yang biasanya masuk kedalam rumah. Misalnya, cacing. Nah, biasanya istri akan meminta tolong kepada suami untuk mengurusnya. Kalau kamu merasa sama takutnya, bagaimana?

Atau terkadang ketika malam hari ada suara di rumah yang mencurigakan. Jika istri tidak berani untuk mengeceknya, maka kamu harus mengeceknya sendiri. Kalau kamu tidak berani, bagaimana? Padahal bisa jadi itu pertanda maling.

Seorang istri selalu menganggap suami sebagai pelindungnya, sebagai pengganti seorang ayah. Jadi, kamu tidak boleh membuatnya kecewa dan merasa takut. Sudah menjadi kewajibanmu untuk memastikan istri merasa tenang dan terjaga.

5. Tidak bisa membagi waktu

Yang terakhir adalah suami yang tidak bisa membagi waktu. Misalnya, jika kamu sudah seharian bekerja, mungkin di malam hari kamu ingin berkumpul dengan teman atau yang lainnya. Namun, kamu juga tidak boleh melupakan istri dan anakmu yang sudah seharian penuh menunggu waktu untuk bersama denganmu di rumah. 

Atau misalnya kamu ingin menyalurkan hobi. Sebenarnya tidak apa dan merupakan sebuah hal wajar, namun kamu juga perlu membagi waktu untuk orang-orang yang berada di dalam hidupmu. Kamu harus mengingat bahwa kamu hidup tidak sendirian. Kalau kamu menggunakan waktu sesukamu tanpa memilah dengan bijaksana, tidak mustahil istrimu akan kesal dibuatnya. 

Nah, itu dia 5 sikap suami yang jarang disadari bisa membuat istri merasa kesal, semoga bisa kamu hindari, ya! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak