facebook

Pentingnya Manajemen Strategi dalam Bisnis

Nur Fauziyah
Pentingnya Manajemen Strategi dalam Bisnis
5 Menu Kudapan Tak Biasa dengan Selai Kacang, Bisa Jadi Ide Bisnis Kuliner, Nih! (Istimewa)

Dalam berbisnis pasti perlu adanya berbagai persiapan agar bisnis dapat berjalan dengan lancar. Berbagai hal yang perlu dipersiapkan salah satunya yaitu dengan manajemen strategi dalam berjalannya suatu bisnis. Dalam memulai atau menjalankan bisnis, tentunya mempunyai tujuan yaitu ingin mencapai suatu keberhasilan sehingga perlu dilakukannya berbagai upaya untuk dapat mencapai tujuan dari bisnis tersebut.

Dalam mencapai tujuan tersebut, tentunya perlu memahami manajemen strategi agar nantinya dapat mencapai suatu tujuan yang telah ditentukan dalam berbisnis.

Manajemen strategi merupakan suatu hal yang sangat penting dalam suatu bisnis karena berkaitan dengan peyusunan, penerapan, dan evaluasi serta pengambilan keptusan–keputusan bisnis agar dapat mencapai tujuan dan sasarannya.

Manajemen strategi ini berperan penting dalam suatu bisnis karena dijadikan sebagai suatu pedoman dalam pengambilan keputusan–keputusan oleh suatu perusahaan atau pelaku bisnis. Yang sesuai dengan visi dan misi yang ada dengan adanya manajemen strategik ini bisnis mempunyai arah yang jelas dalam mengawasi, mengendalikan, serta mengevaluasi penerapan strategi  dan pencapaian  bisnis.

Manajemen bisnis penting dalam bisnis karena dapat memberikan arahan dalam jangka panjang maupun pendek sesuai dengan apa yang akan dituju. Selain itu manajemen strategi juga berperan penting dalam manajemen bisnis karena dapat memebantu perusahaan dalam berdaptasi pada perubahan–perubahan yang terjadi dalam berjalannya suatu bisnis baik perubahan internal maupun eksternal bisnis sehingga dengan adanya manajemen strategi ini dapat memepertahankan bisnis yang telah ada ataupun dapat memajukan bisnis tersebut.

Adapun tahapan dalam manajemen strategi: 

1.      Menetukan Arah dan Misi

Setiap usaha atau organisasi tentu perlu adanya visi, misi dan tujuan. Dalam tahapan ini, menentukan visi, misi dan tujuan bisnis yang dijalankan. Karena tanpa adanya visi, misi dan tujuan maka kinerja dalam suatu bisnis akan kurang jelas dan mudah berubah ubah tanpa adanya tujuan yang akan dicapai.

2.      Memahami Lingkungan Internal dan Eksternal Bisnis

Dalam memahami atau menganalisis suatu lingkungan bisnis bertujuan untuk lebih mengerti dan memahami lingkungan dalam bisnis sehingga dapat mengerti apabila terjadi suatu perubahan–perubahan dan mampu merespon terhadap perubahan tersebut.

3.      Perumusan Strategi

Dalam perumusan strategi ini yaitu kegiatan pengembangan misi dan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya. Perumusan ini dikembangkan guna mencapai tujuan yang ada,  selain itu agar dapat mengidentifikasi adanya peluang dan ancaman dari berbagi pihak baik internal maupun eksternal serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh bisnis.

4.      Implementasi Strategi

Implementai strategi merupakan suatu penerapan dari strategi yang telah dirumuskan sebelumnya. Penerapan ini memerlukan suatu keputusan dari berbagai pihak yang berwenang dalam pengambilan keputusan untuk menetapkannya suatu kebijakan serta dalam pengalokasian sumber daya sehingga strategi yang telah dirumuskan dapat dijalankan.

5.      Evaluasi dan Pengendalian strategi

Dalam tahap ini, evaluasi dan pengendalian strategi yaitu meliputi kegiatan dalam memonitor dan mengevaluasi hasil dari perumusan dan implementasi strategi yang selanjutnya diambil keputusan untuk memperbaiki jika diperlukan perbaikan.

Dengan demikian manajemen strategi dapat membantu bisnis anda dalam menentukan langkah–langkah selanjutnya serta dapat membuat bisnis anda lebih efektif dan lebih maju karena sudah memiliki strategi- strategi dalam berbisnis. Oleh karena itu manajemen strategi sangat diperlukan dalam kelancaran berbisnis.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak