facebook

4 Tips Mengusir Bosan Ketika di Rumah, Coba Yuk!

Rizky Melinda Sari
4 Tips Mengusir Bosan Ketika di Rumah, Coba Yuk!
(pexels.com/rizkymelinda)

Perasaan bosan ketika di rumah saja pasti pernah dialami oleh semua orang. Apalagi ketika sudah memasuki waktu liburan, tetapi keadaan di luar sedang rentan, terlebih munculnya kasus pandemi yang kembali mengkhawatirkan.

Kegiatan selama di rumah yang monoton dan berulang pasti terasa sangat membosankan. Padahal, momen-momen waktu luang ini bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan yang tidak bisa kamu lakukan ketika sedang sekolah atau bekerja.

Waktu luang dapat kamu isi dengan kegiatan bermanfaat sambil refreshing sejenak dari rutinitas harian yang menjemukan.

Berikut adalah beberapa tips  yang bisa kamu lakukan untuk mengusir rasa bosan ketika waktu libur di rumah.

1. Room makeover

Rasa bosan bisa muncul karena keadaan yang monoton atau itu-itu saja, serta tidak adanya perubahan. Lingukungan memiliki peran yang cukup besar dalam menentukan mood seseorang. Cobalah untuk mengubah susunan letak barang-barang di sekitarmu, sehingga terlihat berbeda dan tidak membosankan.

Selain membuat waktu luangmu terisi dengan kegiatan bermanfaat, room makeover juga dapat meningkatkan kreativitasmu dalam menyusun serta mendekor ulang sebuah ruangan. Kamu bisa melakukannya sembari mendengarkan musik favorit agar kegiatan room makeover semakin seru.

2. Belajar memasak

Coba sekali-sekali lawan rasa malas kamu untuk mencoba hal-hal baru, salah satunya dengan mencoba meamasak. Tidak peduli apakah kamu laki-laki atau perempuan, memasak dapat dilakukan oleh siapa pun, asalkan memiliki bahan-bahan serta kemauan untuk memasak.

Kamu bisa bereksperimen mencoba berbagai resep sederhana yang sedang viral, atau mencoba sendiri resep ala kamu. Siapa tahu hasilnya memuaskan. Selain berfungsi untuk mengisi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat, hasil masakan kamu juga bisa kamu makan sendiri sehingga menghemat pengeluaran.

3. Maraton serial atau film

Pilihan pertama ketika sedang dilanda bosan bagi sebagian besar orang adalah maraton serial atau film. Pilihan ini menjadi pilihan utama karena tidak perlu usaha besar, hanya perlu memilih film atau serial yang ingin ditonton, lalu kamu bisa langsung menontonnya.

Namun, terkadang rasa bosan ketika maraton film atau serial pasti terasa juga. Untuk mengatasi hal ini, coba kamu cari film atau serial yang benar-benar berbeda dari yang biasa kamu tonton. Siapa tahu selain mengusir rasa bosan, wawasan kamu juga jadi bertambah mengenai bidang-bidang lain.

4. Workout

Selain memasak, kegiatan lain yang bisa kamu lakukan ketika merasa bosan di rumah saja adalah workout. Memang diperlukan niat dan energi yang besar untuk mengalahkan rasa malas, tetapi kamu akan terbiasa untuk menggerakkan badan jika berhasil melakukannya.

Tidak perlu olahraga yang berat, kamu bisa mencari referensi gerakan olahraga sederhana dan ringan yang bisa dilakukan di rumah melalui google atau youtube. Selain untuk menghabiskan waktu luang, workout juga dapat membuat tubuhmu terasa sehat dan segar.

Itulah 4 kegiatan yang bisa kamu lakukan di rumah ketika merasa bosan. Cobalah melakukan kegiatan baru, jangan hanya membiarkan waktu luang berlalu begitu saja dengan bermain ponsel. Manfaatkan waktu luangmu dengan sebaik-baiknya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak