facebook

5 Hal Penting saat Menentukan Resolusi Tahun Baru, Perlu Komitmen!

Rizky Melinda Sari
5 Hal Penting saat Menentukan Resolusi Tahun Baru, Perlu Komitmen!
Ilustrasi resolusi tahun baru.[Pexels]

Resolusi merupakan salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan begitu saja untuk menyambut pergantian tahun baru. Banyak manfaat yang bisa kamu rasakan jika membuat resolusi tahun baru.

Kamu mungkin sudah memiliki niat untuk membuatnya, tetapi bingung apa saja yang harus dipersiapkan ? Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam menulis resolusi tahun baru.

1. Realistis

Ketika menentukan resolusi, usahakan untuk menuliskan hal-hal yang realistis. Kamu tidak perlu menuliskan banyak hal, cukup tulis poin-poin penting yang ingin dicapai dan yakin bisa mencapainya. Tidak usah melihat sedikit atau banyaknya goals yang ingin diraih, tetapi fokuslah pada apa yang benar-benar ingin ditingkatkan.

2. Komitmen

Ketika menulis resolusi tahun baru, juga harus membulatkan tekad dan berkomitmen pada diri sendiri, bahwa akan berusaha untuk mewujudkan apa yang sudah ditulis. Komitmen ini juga bisa kamu tulis di sekitar resolusi, agar senantiasa ingat janjimu kepada diri sendiri.

3. Fokus 

Ketika membuat resolusi tahun baru, harus fokus pada diri sendiri. Jangan sampai resolusi yang dibuat tidak berasal dari diri sendiri, atau dengan kata lain hanya melihat orang lain, lalu menuliskannya tanpa memikirkan dampaknya bagi diri sendiri. Buatlah resolusi yang memang dirimu butuhkan dan mampu kamu lakukan.

4. Tidak perlu dibandingkan

Seringnya, kita membandingkan apa saja yang kita punya atau kita buat dengan milik orang lain, termasuk resolusi tahun baru. Kamu tidak perlu membandingkannya dengan milik orang lain, karena sudah pasti isi dan tujuan kalian berbeda. Setiap orang memiliki prioritasnya masing-masing. Cukup buat resolusimu sendiri tanpa harus membandingkannya dengan milik orang lain.

5. Percaya diri

Ketika sudah berhasil menemukan hal-hal penting yang ingin kamu perbaiki serta kamu lakukan di tahun depan, langsung saja tulis semuanya di atas kertas atau di halaman depan sebuah buku, atau di mana pun kamu suka. Tidak ada aturan khusus dalam menulis resolusi, yang terpenting adalah kamu tahu tujuan dan manfaatnya untuk dirimu sendiri.

Itulah lima hal yang perlu kamu ketahui sebelum mulai menulis resolusi tahun baru. Dengan membuat resolusi tahun baru, harapannya kita semua dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi dari tahun lalu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak