facebook

Kamu Introvert? Simak 5 Langkah yang Bisa Buat Kamu Jago Networking!

Nanik Writer
Kamu Introvert? Simak 5 Langkah yang Bisa Buat Kamu Jago Networking!
Ilustrasi Networking (Pixabay.com/GDJ/nanik)

Membangun hubungan dengan pihak internal maupun eksternal perusahaan adalah syarat untuk meraih kesuksesan perusahaan dan organisasi. Kemampuan ini adalah kemampuan yang wajib dimiliki oleh setiap orang, karena networking adalah indikator kunci dalam unjuk diri.

Namun, bagaimana bila kamu seorang introvert? Ya, karena memang kamu berbeda dengan mereka yang berkepribadian ektrovert alias mereka yang memiliki gairah luar biasa untuk menjalin hubungan dengan banyak orang, senang bersosialisasi, easy going, dan menyukai perkumpulan (Rachman, 2016). Tentu akan sangat mudah bagi mereka untuk menjalin networking yang begitu luas.

Namun bagi kamu para introvert, tidak perlu berkecil hati. Karena kamu pun bisa untuk membangun networking seperti para ekstrovert. Walaupun pada dasarnya menjalin networking memang tidaklah mudah, terutama bila kamu seorang yang introvert. Namun tak menutup kemungkinan bahwa kamu akan sukses membangun networking, asalkan kamu bersungguh-sungguh.

Terdapat banyak cara dan usaha yang bisa kamu lakukan untuk bisa membangun networking dengan baik. Kamu bisa coba 5 tips menurut Rachman (2016) di bawah ini ya.

1. Eksplorasikan kelebihanmu

Dengan kamu menggali apa yang menjadi kelebihan dalam dirimu, kamu akan dapat menemukan keunggulan yang mungkin selama ini belum kamu sadari. Kelebihan yang biasanya melekat pada pribadi introvert antara lain adalah kemampuanmu dalam mendengarkan orang lain, senang membantu, suka memberi pujian, dan mudah mengingat hal-hal kecil. 

2. Temukan alternatif lain yang selaras dengan kelebihanmu

Kamu bisa coba untuk mengikuti pertemuan-pertemuan penting, seminar, ataupun trainning yang bisa menambah wawasanmu.

3. Tetapkan strategi yang realistis secara spesifik

Hal ini bertujuan agar kamu dapat mengukur dan melakukan evaluasi perkembangan dari kemampuan networking-mu sehingga kamu bisa merencanakan untuk meraih target peningkatan selanjutnya.

4. Latih kemampuan public speaking

Dengan bekal kemampuan public speaking, kamu akan dapat dengan mudah menjalin networking dengan siapa saja.

5. Manfaatkan relasi

Agar kamu bisa menjalin networking dengan banyak orang, kamu perlu menegmbangkan relasimu dengan banyak orang pula. Sering-seringlah bertukar pikiran dengan orang yang mngkin baru kamu temui agar pengetahuanmu juga semakin luas. Tak hanya itu, kamu pun bisa berpeluang untuk menambah jejaring relasi yang lebih luas.

Jika kamu bisa melakukan 5 langkah cerdas di atas, maka kesempatanmu untuk menjalin networking akan semakin terbuka lebar!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak