facebook

5 Tips Sederhana Menjaga Kebersihan Rumah yang Wajib Kamu Coba

Mutami Matul Istiqomah
5 Tips Sederhana Menjaga Kebersihan Rumah yang Wajib Kamu Coba
ilustrasi membersihkan rumah (Pexels/RODNAEProductions)

Kebersihan rumah menjadi salah satu aspek yang berpengaruh kepada penghuni rumah tersebut. Rumah yang kotor akan menjadi biang penyakit dan bisa membuat penghuni rumah menjadi sakit. Rumah yang bersih biasanya memiliki udara bersih, sehingga kebersihan penghuninya juga akan terjaga. 

Ada banyak dampak buruk dari rumah yang kotor, mulai dari tidak enak dipandang, menganggu aktivitas, sampai menyebabkan masalah kesehatan, misalnya sesak napas. Hal demikian tentu wajib untuk dihindari dengan cara menjaga kebersihan rumah setiap hari. Lima tips sederhana di bawah ini akan membantu jika ingin memulai mewujudkan rumah yang bersih.

1. Rutin menyapu dan mengepel

Tips paling dasar menjaga kebersihan rumah, adalah dengan menyapu dan mengepel secara rutin. Mungkin ini terbilang sederhana, tapi dampaknya akan sangat besar. Jika kamu terbiasa untuk menunda menyapu sampai rumah benar-benar sangat kotor, debu yang tidak disapu tersebut bisa terombang-ambing. Menghinggapi sudut-sudut ruangan, bahkan tubuhmu sendiri.

Meskipun hal sederhana, tapi menyapu dan mengepel secara rutin akan meminimalisir debu-debu yang membawa kuman dan penyakit. Kamu bisa rutin menyapu ketiga pagi dan sore hari. Sedangkan mengepel bisa kamu lakukan setiap tiga hari sekali. Ketika lantai terlihat berdebu, jangan pernah malas untuk menyapunya, ya!

2. Buang sampah di tempatnya

Rumah yang kotor pasti erat kaitannya dengan sampah, maka membuang sampah pada tempatnya adalah kunci penting untuk menjaga kebersihan rumah. Bayangkan jika sampah-sampah bekas kamu makan dibiarkan tergeletak di lantai maupun sudut ruangan. Selain tidak enak dipandang, sampah yang dibiarkan semakin lama akan membusuk dan menganggu pernapasan. Hal tersebut tentu akan mengganggu kenyamananmu dan orang yang berkunjung ke rumahmu.

Kamu harus memiliki rasa berkewajiban untuk membuang sampah di tempatnya. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa keberatan. Karena beberapa orang untuk membuang sampah ke tempat sampah yang mungkin hanya berjarak beberapa langkah kaki dari tempatnya duduk maupun berdiri saja masih ada yang merasa malas. Kamu harus mengubah kebiasaan buruk itu demi kehidupan yang lebih bersih dan sehat.

3. Membereskan cucian piring kotor

Selain menyapu dan membuang sampah, mencuci piring juga wajib kamu lakukan jika kebersihan rumah ingin terjaga. Tidak mengapa jika kamu belum terbiasa untuk mencuci piring selepas kamu makan. Kamu bisa menunggu tumpukan piring tersebut penuh, baru kamu cuci. Minimal, kamu harus mencuci piring setiap hari jika memang ada piring/gelas kotor. 

Meskipun dapur tidak berada di rumah bagian depan seperti ruang tamu, namun bukan berarti kebersihan dapur bisa kamu abaikan. Piring yang berhari-hari tidak kamu cuci, akan menimbulkan bau yang sangat busuk. Bahkan bisa jadi sudah dihinggapi ulat dan belatung. Hal tersebut tentu sangat menjijikan. 

Kalau sudah begitu, untuk menyentuhnya pun harus menahan muntah, bukan? Jadi, kamu harus rutin mencuci piring maupun perabotan dapur yang telah kamu gunakan. 

4. Menjaga kebersihkan kamar mandi

Tips sederhana yang tak kalah penting lainnya adalah menjaga kebersihan kamar mandi. Jika ada tamu yang berkunjung, tidak heran pula jika kamar mandi akan digunakan oleh orang lain. Kalau kamar mandimu kotor, rasanya pasti malu. 

Kamu harus menguras bak mandi secara rutin, menjaga kloset agar tetap bersih, lalu rajin-rajinlah menyikat lantai agar tidak licin. Hal tersebut semata-mata demi menjaga kesehatanmu sendiri. Oleh karena kamar mandi menjadi ruang paling lembab di rumah, maka kebersihannya tidak bisa diabaikan.

5. Melepas sandal dan sepatu ketika masuk rumah

Tips sederhana terakhir menjaga kebersihan rumah, yaitu melepas sandal dan sepatu ketika masuk. Kamu harus menyiapkan rak sepatu di depan rumah, agar setiap orang yang ingin masuk ke rumahmu memiliki kesadaran untuk melepas alas kakinya. 

Bagaimanapun, di luar sana kita bisa menginjak apa pun, seperti kotoran, sampah, debu dan kotoran lainnya. Tentu saja kotoran-kotoran tersebut akan sangat berbahaya bagi kesehatan jika dibiarkan masuk ke rumah.

Nah, itu dia lima tips sederhana menjaga kebersihan rumah. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak