facebook

4 Tips Menjaga Kesehatan Rambut, Jangan Sering Ganti Warna!

Rizky Melinda Sari
4 Tips Menjaga Kesehatan Rambut, Jangan Sering Ganti Warna!
sumber (pexels.com/rizkymelinda)

Bagi sebagian besar wanita, rambut merupakan mahkota yang paling penting. Rambut harus dijaga kebersihan serta kesehatannya. Masalah-masalah seperti rambut rontok, ketombe, hingga rambut kering dan bercabang merupakan hal-hal yang paling dihindari.

Merawat rambut merupakan sebuah kewajiban, sama seperti merawat bagian tubuh yang lain. Rambut yang tidak sehat akan berdampak pada keseharian kita. Ketombe akan menyebabkan kulit kepala terasa gatal, hingga rambut rontok yang merepotkan kita untuk membersihkannya.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu rambut menjadi sehat dan tampak lebat.

1. Pilih sampo yang cocok

Hal utama dalam membersihkan rambut adalah memilih produk sampo yang cocok dengan keadaan rambut dan kulit kepala kita. Kita harus bisa mengenali keadaan rambut dan kulit kita sendiri. Pilih sampo yang nyaman dan ringan untuk kesehatan rambut kita.

Jangan lupa untuk menggunakan coditioner untuk membantu mengembalikan dan menjaga kesegaran rambut sepanjang hari. Hindari penggunaan sampo dan conditioner jika pada saat pemakaian terjadi iritasi atau masalah lainnya.

2. Tingkatkan gaya hidup sehat

Salah satu penyebab munculnya ketombe pada kulit kepala dapat disebabkan karena pola hidup kita yang kurang sehat. Seperti misalnya jarang keramas atau keramas seadanya. Usahakan pada saat keramas agar membilas rambut hingga bersih tanpa ada sisa sampo tertinggal.

Jangan menggunakan sampo terlalu berlebihan dan lama karena dapat membuat kulit kepala terlalu kering. Selalu gunakan conditioner setelah keramas. Poin terpenting, rutin keramas minimal 2 hari sekali.

3. Konsumsi makanan bernutrisi

Kesehatan dan pertumbuhan rambut tidak hanya tergantung pada produk luar, tetapi juga terpengaruh oleh apa yang kita konsumsi. Makanan dapat memberi pengaruh terhadap pertumbuhan rambut.

Pilihlah makanan yang bergizi. Selain membuat tubuh sehat dan asupan nutrisi terpenuhi, makanan bergizi juga dapat memelihara kesehatan rambut dan menjaga rambut tetap terlihat lebat.

4. Hindari cat rambut terlalu sering

Banyaknya pilihan warna serta tren zaman sekarang tentang mewarnai rambut, jangan sampai membuat kita terlalu sering mengganti warna rambut. Bahan kimia yang teradapat pada zat pewarna rambut jika terlalu sering digunakan dapat membuat rambut menjadi rusak.

Selalu iringi dengan perawatan yang mumpuni ketika mengecat rambut agar kesehatan dan kelebatan rambut tetap terjaga.

Itulah 4 tips untuk membantu menjaga kesehatan serta kelebatan rambut. Rawat dan jaga rambutmu karena rambut merupakan mahkota wanita.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak