facebook

5 Hal Buruk yang Dibenci Atasan, Salah Satunya Sering Telat!

Riva Khodijah
5 Hal Buruk yang Dibenci Atasan, Salah Satunya Sering Telat!
Ilustrasi kantor (pexels/@seven11nash)

Sebagai pekerja, tentu kamu ingin dipandang sebagai karyawan teladan yang memberikan performa maksimal? Apabila kinerjamu baik, maka atasan pun senang dan bukan enggak mungkin hal itu akan mendorong atasan untuk memberimu kepercayaan lebih dengan mempromosikanmu pada jabatan yang lebih tinggi.

Kalau kamu ingin jadi karyawan teladan, sebaiknya hindari hal-hal yang sangat dibenci oleh atasan di bawah ini. Apa saja itu? Simak pembahasannya, yuk!

1. Sering telat

Perilaku satu ini memang kerap jadi kebiasaan yang sulit dihilangkan, terutama bagi warga Indonesia. Namun, kebiasaan telat atau ngaret bukanlah perilaku yang baik, lho!

Sering telat datang ke kantor, atau telat menyerahkan tugas sesuai tenggat waktu akan mencoreng citramu bahkan bisa dibenci atasan. Kamu bakal dianggap karyawan yang enggak menghargai atasan atau perusahaan, ataupun dianggap sebagai karyawan yang enggak bisa diandalkan karena sering molor dari deadline.

2. Terlalu berlebihan memuji atasan

Jangan salah, lho, perilaku terlalu berlebihan memuji atasan malah bisa membuatmu dikira sedang menjilat. Memang, ada banyak atasan yang senang dengan karyawan penjilat, karena selalu memuji-mujinya.

Namun, atasan yang normal malah enggak suka kalau melihat ada bawahannya sering memuji berlebihan. Lebih parah, karyawan tipe ini selalu mengiyakan atasan meskipun ide atasan tersebut keliru.

3. Terlalu sering izin sakit

Jika perusahaanmu sudah memberi kelapangan pada karyawan untuk enggak masuk kantor bila sedang sakit, maka jangan dimanfaatkan. Terlalu sering meminta izin sakit, padahal kamu enggak sakit, pasti akan membuat atasan jadi curiga. Hal itu bisa menunjukkan kalau kamu enggak serius dengan pekerjaanmu saat ini.

Sering izin sakit juga dapat membuat atasan berpikir kalau kamu enggak cukup fit untuk jadi karyawan. Sehingga, posisimu akan riskan digantikan dengan karyawan baru yang bisa lebih produktif. Bahkan kebiasaan burukmu ini bisa membuat atasan membencimu. Rugi, kan?

4. Bau badan

Persoalan bau badan memang cukup dilematis. Mau bilang langsung kalau kamu bau badan, takutnya tersinggung dan marah. Namun, dibiarkan begitu terus, bikin orang sekitarnya enggak nyaman.

Oleh sebab itu, cobalah untuk sadar diri menjaga kebersihan diri sendiri. Jangan sampai atasan enggak menyukaimu atau membencimu akibat permasalahan bau badan yang sebenarnya bisa diatasi, lho. Sebab, bau badan ini meski tampak sepele, bisa sangat mengganggu orang lain.

5. Keseringan main ponsel

Hal buruk lain yang dibenci atasan, yakni enggak fokus saat bekerja. Bukannya menyelesaikan pekerjaan, malah sebentar-sebentar main ponsel. Sikap demikian enggak profesional, lho!

Itu dia lima hal buruk yang dibenci atasan. Gimana, dari uraian tadi ada yang sering kamu lakukan? Mulai sekarang ubah, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak