facebook

4 Situs Gratis untuk Membuat CV Secara Praktis, Mahasiswa Wajib Tahu

Jessie YiCha
4 Situs Gratis untuk Membuat CV Secara Praktis, Mahasiswa Wajib Tahu
Ilustrasi Daftar Riwayat Hidup (Unsplash/Markus Winkler).

Setelah menyelesaikan pendidikan di universitas, tahap kehidupan selanjutnya adalah bekerja untuk mencari nafkah dan menstabilkan keuangan pribadi. Di tengah pertumbuhan penduduk yang makin meningkat, persaingan untuk mencari pekerjaan juga kian ketat. Semua kandidat berusaha menunjukkan performa terbaiknya sejak saat melamar kerja.

CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup adalah salah satu berkas paling penting saat kamu pertama kali melamar pekerjaan. Karena dokumen ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi HRD ketika memutuskan untuk memanggilmu lebih lanjut ke tahap seleksi berikutnya atau tidak.

Namun, seringkali orang-orang gagal dalam tahap document screening karena formatnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Kamu bisa jadi juga sering merasa membuat CV menjadi pekerjaan yang merepotkan. Oleh karena itu, ada 4 situs yang bisa kamu gunakan di sini untuk membuat CV secara simpel dan praktis.

Canva

Canva adalah sebuah platform yang berfokus pada bidang desain grafis. Kamu bisa mengedit berbagai jenis foto dan konten visual di situs ini, mulai dari feeds dan story Instagram, kartu nama, poster, undangan, banner blog, presentasi, hingga CV. Canva telah menyediakan berbagai template menarik dan kamu bisa langsung mengeditnya sesuai kebutuhan. Template desain CV di Canva akan menghasilkan CV Creative sehingga lebih cocok digunakan saat kamu ingin melamar di posisi yang membutuhkan sisi kreativitas, seperti desainer grafis, penulis kreatif, komposer musik, marketing strategist, dan sebagainya.

Aksel

Aksel adalah sebuah lembaga yang menyediakan jasa bimbingan akselerasi karier di bidang digital bagi fresh graduate. Selain itu, mereka juga memiliki platform untuk membuat CV ATS secara otomatis. CV ATS adalah CV yang terdeteksi mesin screening HRD pada saat seleksi berkas. Sehingga, CV jenis ini sangat cocok digunakan saat kamu hendak melamar ke perusahaan besar. Dengan Aksel, kamu hanya perlu memasukkan informasi-informasi yang dibutuhkan pada kolom tersedia, kemudian sistem situs ini yang akan membantumu menyusun tata letaknya. 

Zety

Zety termasuk salah satu situs CV maker yang paling mudah digunakan karena UI design-nya yang sederhana. Ada beberapa pilihan template yang bisa kamu pilih di website ini. Desain template di situs ini cenderung modern dan minimalis dengan kombinasi beberapa warna netral dan font yang mudah dibaca. Setelah memilih sebuah template, kamu akan diarahkan untuk mengisi kolom yang berisi data diri dan pengalaman kerja. Kemudian, website ini akan membantumu menyusun tata letak di CV secara otomatis. 

Kinobi

Kinobi adalah platform penyedia bimbingan akselerasi karier kelas internasional yang sudah memiliki cabang di Indonesia. Dengan Kinobi CV Maker, kamu bisa membuat CV ATS dengan cepat dan praktis. Pasalnya, kamu hanya perlu mengisi kolom-kolom pertanyaan yang telah mereka sediakan. CV yang dibuat di Kinobi ini cocok kamu gunakan saat mendaftar pekerjaan atau ke institusi pendidikan karena desainnya sangat simpel dan profesional. 

Itulah 4 situs gratis yang bisa kamu gunakan untuk membuat CV secara praktis. Bagi para job seekers, selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak