facebook

5 Tips Menemui Orang Tua Pasangan untuk Pertama Kali, Jangan Berlebihan!

Ika Fitriana
5 Tips Menemui Orang Tua Pasangan untuk Pertama Kali, Jangan Berlebihan!
Ilustrasi saat menemui orang tua pacar untuk pertama kali (pixel.com)

Apabila sudah menjalin hubungan asmara lama, pasti pasangan akan menawarkanmu untuk menemui orang tuanya. Namun, tak sedikit yang merasa bingung apa yang mesti dilakukan saat bertemu orang tua pasangan untuk pertama kali, agar mendapatkan kesan baik dan tidak mengecewakan pasangan. Nah, berikut 5 tips yang bisa jadi pertimbangan saat menemui orang tua pasangan untuk pertama kali.

1. Membawa buah tangan

Tips pertama yang bisa kamu lakukan saat menemui orang tua pasangan untuk pertama kali, yakni jangan datang dengan tangan kosong, tapi bawalah oleh-oleh untuk diberikan kepada orang tua pasangan. Jika perlu kamu bisa menggali informasi dari pasangan tentang makanan kesukaan orang tuanya sehingga kamu bisa tepat memilih buah tangan untuk dibawa.

2. Berpenampilan sopan dan rapi

Tidak bisa dimungkiri saat bertemu dengan seseorang, pasti penampilan menjadi hal yang akan diperhatikan. Oleh karena itu, saat kamu menemui orang tua pasangan untuk pertama kali, pastikan berpenampilan sopan dan rapi agar bisa memberikan kesan baik.

3. Berbicara sopan dan tidak berlebihan

Dalam berbicara dengan orang lebih tua tentu ada adab yang perlu dijaga, begitupan saat kamu menemui orang tua pasangan untuk pertama kalinya. Carilah topik obrolan yang ringan dan santai tanpa mendominasi pembicaraan serta hindari menonjolkan kelebihanmu jika tidak dibutuhkan. Namun, jika kamu kesulitan mencari bahan obrolan tidak masalah jika kamu bertanya sebelumnya kepada pasangan tentang hobi dan aktivitas sehari-hari orang tuanya. 

4. Tidak menolak makanan yang disajikan

Menyantap makanan yang disedikan saat bertamu adalah bentuk menghargai tuan rumah. Makanlah makanan yang disediakan orang tua pasangan meskipun kamu tidak biasa atau tidak menyukai makanan tersebut, kecuali jika ada alasan kesehatan. Jika ada masalah kesehatan, maka kamu bisa mengungkapkan dengan jujur alasan tidak bisa makan makanan tersebut tanpa melukai perasaan mereka. Selain itu, memuji masakan yang dihidangkan akan menambah kesan baik terhadapmu.

5. Jangan sibuk dengan ponsel saat berbincang

Tips terakhir yang harus kamu hindari adalah sibuk bermain ponsel saat tengah mengobrol dengan orang tua pasangan. Sebab, salah satu bentuk menghargai lawan bicara adalah mendengarkannya dengan tulus. Ponsel memang penting tapi kamu perlu melihat kondisi untuk mengoperasikannya, apalagi saat bertamu orang tua pasangan untuk pertama kali. Simpanlah ponsel di tas atau di saku jika memang tidak ada sesuatu yang penting, sehingga calon mertua merasa lebih dihargai.

Itulah lima tips yang bisa kamu terapkan saat menemui orang tua pasangan untuk pertama kalinya, agar mendapatkan kesan positif dan diterima dengan baik.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak