facebook

5 Kesalahan Tak Disadari ketika Menata Ruang Tamu

Ika Fitriana
5 Kesalahan Tak Disadari ketika Menata Ruang Tamu
Ilustrasi ruang tamu.[Pexels]

Ruang tamu yang sempit perlu dilakukan trik dalam menatanya agar  tercipta kenyamanan bagi para penghuninya. Kenyamanan itu tentunya didukung dengan ketepatan penataan isi ruang tamu tersebut. Ruang tamu yang tampak luas tentu akan lebih nyaman bila dibandingkan dengan ruang tamu yang terlihat penuh dan sesak.

Namun tak semua orang memahami bagaimana menyulap ruang tamu yang sempit terkesan lebih luas yang tak jarang menyebabkan penghuninya tidak sadar telah melakukan kesalahan dalam menata isi ruang tamu. 

Berikut beberapa kesalahan tidak disadari dalam menata ruang tamu 

1. Kesalahan dalam pemilihan karpet 

Karpet yang memiliki banyak motif akan kurang cocok untuk ruang tamu yang sempit. Alih-alih membuat ruangan terkesan menjadi luas malah justru membuat makin sesak. Pilihlah karpet dengan motif garis-garis horizontal. Benar atau tidaknya, garis-garis dapat menipu mata ke dalam ruang yang memanjang.

2. Terlalu banyak menempatkan hiasan di dinding

Hampir setiap rumah memiliki hiasan dinding seperti rak, lukisan ataupun foto. Tapi tahukah anda terlalu banyak hiasan yang menempel di dinding akan membuat ruangan menjadi penuh dan tampak makin sempit.

Jika rumah anda termasuk di dalamnya maka mulailah untuk mengurangi hiasan yang menempel di dinding termasuk mengurangi hiasan yang berada di rak, kosongkan beberapa bagian agar ruangan terkesan lebih lapang.

3.Kursi yang terlalu rapat dengan dinding

Banyak orang menempatkan kursi ruang tamu rapat ke dinding tapi cobalah untuk menjauhkan kursi sedikit lebih jauh dari dinding. Jauhkan meski cuma sejengkal dan lihatlah perbedaannya. Ruangan akan tampak lebih besar.

4. Kesalahan dalam pemilihan gorden

Dalam memilih gorden kadang kurang memperhatikan kondisi ruangan. Padahal gorden tak kalah penting dalam menata ruang tamu. Gorden berukuran pendek akan memberikan kesan ruangan menjadi kecil. Untuk memberikan kesan ruang tamu tampak luas pilihlah gorden dengan ukuran panjang hingga hampir menyentuh lantai. Gorden yang panjang akan membuat dinding terasa lebih tinggi sehingga ruangan tampak besar.

5. Kurang pencahayaan

Ruangan dengan pencahayaan yang minim memang membuat suasana menjadi hangat namun pencahayaan yang kurang akan membuat ruangan tampak sempit. anda bisa menambahkan beberapa lampu  di sekitar ruangan untuk menerangi setiap sudut ruang tamu yang gelap.

Itulah beberapa kesalahan yang tidak disadari ketika menata ruang tamu. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak