facebook

6 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Dapatkan saat Tidak Punya Uang

Mutami Matul Istiqomah
6 Pelajaran Berharga yang Bisa Kita Dapatkan saat Tidak Punya Uang
ilustrasi tidak punya uang.[Pexels/Karolina Grabowska]

Kalau bicara kemauan, tentu setiap orang ingin hidup dengan berkecukupan. Namun, untuk sampai di tahap itu, tentu butuh proses. Proses tersebut harus dimulai dari bawah sekali, lalu perlahan merangkak naik ke atas. Meskipun, beberapa manusia terlahir sudah menjadi kaya raya. Namun bagi kita yang hidup berawal dari susah dan sederhana, terdapat tumpukan pengalaman yang berharga dalam menjalani kehidupan dan bisa menjadi cerita di masa tua. 

Menjalani hidup yang sederhana, selalu menuntut kita untuk pintar mengatur uang. Namun, tidak menutup kemungkinan bagi kita kekurangan uang. Sebagian orang menganggap uang yang kurang adalah sebuah kesusahan. Dan memang demikian. Namun, siapa sangka dibalik kesusahan yang kita rasakan, terdapat banyak pelajaran berharga yang mungkin tidak didapati oleh mereka yang hidup serba berkecukupan.

Lalu, apa saja pelajaran yang bisa diambil saat tidak punya uang?

1. Belajar bersabar

Yang pertama adalah belajar tentang kesabaran. Karena saat susah, yang pertama harus kita kokohkan adalah rasa sabar. Tentu kita pernah berkata pada diri sendiri "Siapa yang mau hidup seperti ini?" Namun setiap kenyataan hadir untuk diterima dan dijalani. 

Dengan bersabar, kita bisa meluruhkan emosi dan meredakan kepala yang pusing. Dengan hati yang dingin, kita bisa mulai mencari solusi. Tidak melulu merenung, menghabiskan waktu tanpa mendapatkan apa-apa. Dengan sabar, kita menjadi lebih kuat.

2. Belajar berhemat

Yang kedua yaitu belajar berhemat. Tidak mudah bagi seseorang yang setiap keinginannya bisa dituruti, lalu terjebak dalam keadaan susah. Setiap keinginan tidak lagi menjadi prioritas, karena yang utama adalah kebutuhan.

Membiasakan hidup hemat bukanlah hal yang mudah, karena seringkali harus menelan ludah. Namun dengan berhemat, seseorang bisa lebih dewasa dan mampu menerima keadaan. 

3. Lebih menghargai uang

Yang ketiga adalah lebih menghargai uang. Bagi seseorang yang hidup kaya raya, pasti akan selalu terfokus dengan nominal uang yang banyak. Membeli sesuatupun harus yang bermerk dan mahal. Tapi bagi seseorang yang pernah merasakan tidak punya uang, akan selalu merasa sayang jika uangnya digunakan untuk berfoya-foya dan menuruti gaya hidup semata. 

Orang yang pernah merasakan tidak punya uang, ketika dia memiliki banyak uang akan lebih bijak dalam menggunakannya. Karena dia menyadari betapa susahnya untuk mendapatkan uang yang banyaknya sekian.

4. Lebih bersyukur

Yang keempat yaitu lebih bersyukur. Karena seseorang yang memulai segala sesuatu dari bawah, akan selalu memahami bagaimana prosesnya untuk sampai ke atas. Bukan hal yang mudah, bahkan penuh pengorbanan. 

Ketika dia sudah berada di atas, dia akan lebih bersyukur karena berhasil melewati masa-masa sulit kemudian tetap kuat sampai sekarang ini. Dia akan lebih bersyukur entah itu dengan perjalanannya maupun dengan rencana hidup yang Tuhan takdirkan untuknya.

5. Mengetahui cara-cara sampingan untuk mendapatkan uang

Yang kelima adalah mengetahui cara-cara sampingan untuk mendapatkan uang. Orang-orang yang tidak pernah susah dan kekurangan uang, mana tau dengan cara-cara sampingan mendapatkan uang. Entah itu dengan menonton video, membaca artikel, mengisi survei atau yang lainnya.

Meskipun nominal yang tidak seberapa, bahkan terkadang ada yang hanya mendapatkan pulsa, namun orang yang pernah merasa tidak punya uang bisa tahu dan telaten menjalani hal tersebut. Memang jumlahnya kecil, namun jika dilakukan secara rutin, maka akan menjadi banyak dan bisa menjadi penyambung hidup hari ini ke hari berikutnya. 

6. Memiliki motivasi yang tinggi

Yang keenam yaitu memiliki motivasi yang tinggi. Karena saat seseorang tidak punya uang, maka pikirannya akan bekerja keras untuk mencari cara agar bisa mendapatkan uang. Lalu, setelah menemukan cara, dia akan menjalaninya dengan sungguh-sungguh agar mendapatkan uang yang banyak.

Tidak ada motivasi yang sekadar bayang-bayang. Motivasinya selalu nyata yaitu untuk bertahan hidup, untuk bisa makan. Bertahan dengan berusaha sendiri, tidak meminta-minta. Dengan demikian, orang yang pernah merasakan tidak punya uang, pasti selalu memiliki motivasi yang kuat.

Itulah enam pelajaran yang bisa diambil ketika kita sedang tidak punya uang. Tulisan ini tidak bermaksud untuk mengiyakan kita untuk tetap hidup kurang dan pasrah dengan keadaan, ya! Dengan latar belakang apapun kita terlahir, kita harus selalu berkemauan untuk menjadi manusia yang sukses. Apapun ujian kita dalam hidup, kita harus punya tekad untuk bangkit dan memperbaiki kehidupan.

Tulisan ini dimaksudkan untuk menyadarkan kita bahwa saat tidak punya uang, masih banyak pembelajaran yang bisa diambil dan menjadi pengalaman kita menjalani hidup, menjadi manusia yang lebih baik. Semoga tulisan ini bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak