facebook

Lagi Patah Hati? Ini Dia 4 Kiat agar Bahagia Kembali

Adira Putri Aliffa
Lagi Patah Hati? Ini Dia 4 Kiat agar Bahagia Kembali
Foto oleh burak kostak dari (Pexels.com/adiraliffa)

Ketika seseorang mengalami patah hati pasti dunianya runtuh seketika. Entah, patah hati karena ditinggal doi, patah hati karena omongan orang yang tak mengenakkan, patah hati karena mimpi yang tak terealisasi, atau bisa juga patah hati yang lain. Intinya, patah hati memang sangat menyakitkan juga menyulitkan.

Banyak orang yang sedang patah hati memilih untuk tak berbuat apa-apa. Hanya ingin sendirian, meratapi luka juga kesedihan. Bertemu dengan orang-orang saja rasanya tak ada gairah. Lamunan pun kosong, pikiran sangat berantakan. Memang berat. Kalau kamu sedang patah hati saat ini, semoga artikel ini cocok untukmu, yuk simak 4 kiat kembali bahagia di bawah ini!

1. Nikmati Luka dan Dukamu

Ilustrasi seseorang sedang mendengarkan lagu (Source: https://www.pexels.com)
Ilustrasi seseorang sedang mendengarkan lagu (Source: https://www.pexels.com)

Di dunia ini luka dan duka adalah dua hal yang tak bisa dicegah, tak bisa ditolak, dan tak bisa disangkal. Semakin kamu berusaha mencegahnya, semakin kuat kamu menolaknya, dan semakin keras kamu menyangkalnya, luka juga duka tak akan pernah pergi. Keduanya baru akan pergi setelah kamu menerimanya, menikmatinya, lalu berdamai dengan keduanya. 

Saat kamu sedang merasa patah hati, coba terima perasaan itu dan nikmati dengan menangis. Kalau perlu kamu bisa ambil sesuatu untuk menyalurkan luka itu. Ambillah pulpen dan kertas lalu kamu bisa menggambar atau mencoret bentuk apapun. Mencampurkan berbagai pensil warna yang abstrak juga bisa menyalurkan perasaanmu yang sedang berantakan itu.

Hal ini semoga bisa membuat kamu lebih menikmati luka yang kamu rasa. Penerimaan luka yang cepet akan membuatmu juga cepat sembuh dari luka itu.

2. Ungkapkan yang dirasakan dalam Tulisan atau Ucapan

Foto tangan menulis (Pexels.com)
Foto tangan menulis (Pexels.com)

Setelah menerima luka dan dukamu, lalu menyalurkan berantakannya pikiran kamu lewat sebuah gambar, kamu bisa lanjut ke kiat yang ke dua yakni ungkapkan semua yang kamu rasakan dalam sebuah curhatan tulisan atau ucapan. Ungkapkan perasaanmu dan alasanmu merasa sangat berduka. Kamu bisa menulis pada buku harian atau catatan di handphone. Jika kamu ingin mengungkapnya lewat ucapan kamu bisa berbicara pada dirimu sendiri di cermin atau mengobrol dengan teman ataupun keluarga.

Akan jauh lebih baik jika kamu berinteraksi dengan orang, tetapi jika kamu masih ingin sendiri, berbicara dan mengungkapkan semuanya pada diri sendiri juga tak jadi masalah. Baru jika kamu sudah siap berinteraksi, kamu bisa mengungkapkan apa yang kamu rasa ke orang.

3. Tidur atau Mencari Hiburan

Ilustrasi orang sedang tidur (Pexels.com)
Ilustrasi orang sedang tidur (Pexels.com)

Ketika kamu sudah merasa lelah menangis, kiat selanjutnya adalah beristirahat dengan tidur atau menonton film. Disarankan film yang kamu tonton adalah film komedi yang alur ceritanya tak membuatmu kembali teringat dengan lukamu. Tidur dan menonton film memang dua  hal yang sangat bermanfaat bagi perbaikan kesehatan mental seseorang. Pengistirahatan otak dan suplemen energi positif dari kedua kegiatan itu memang dapat merangsang ketenangan juga kebahagiaan. 

Sebelum tidur alangkah alangkah lebih baiknya jika kamu beribadah sesuai keyakinanmu. Mengingat Tuhan juga sangat bisa menenangkan. Menceritakan berbagai macam keluh kesahmu pada-Nya juga dapat melegakan. Setelah bercerita pada-Nya kamu bisa mengistirahatkan pikiran, perasaan, juga badanmu dengan beristirahat.

4. Terapkan Mindset "Sedih secukupnya, bahagia setelahnya"

Ilustrasi pria (Pexels.com)
Ilustrasi pria (Pexels.com)

Kiat yang terakhir ini dapat kamu lakukan setelah ketiga kiat sebelumnya berhasil kamu jalankan. Penanaman mindset seperti ini dapat membuatmu kembali bangkit dari patah hatimu dari sedih juga lukamu. Jika semua orang berhak dan bisa sedih, pasti semua orang juga berhak dan bisa bahagia, bukan? Tanam kuat-kuat pemikiran ini dalam dirimu. Jadi, kamu bisa lebih cepet untuk bisa berdamai dengan lukamu lalu segera bangkit menyambut bahagia yang baru.

Semoga 4 kiat tadi bisa membantu kamu yang sedang patah hati hari ini ya? Bilapun kamu tidak sedang patah hati, tetapi membaca artikel ini semoga bisa kamu jadikan pegangan di kemudian hari atau bisa kamu bagikan ke temanmu yang sedang patah hati. Sekian artikel ini ditulis, terima kasih sudah membaca sampai habis! Sampai jumpa di artikel-artikel selanjutnya! Jangan lupa bahagia!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak