facebook

3 Sifat yang Harus Diterapkan Saat Wawancara Kerja, Jangan Diremehkan!

Rizky Melinda Sari
3 Sifat yang Harus Diterapkan Saat Wawancara Kerja, Jangan Diremehkan!
Ilustrasi wawancara (pexels)

Ketika melamar pekerjaan pada sebuah perusahaan, bukan hanya nilai ijazah kuliah atau IPK yang menjadi fokus utama kita diterima atau tidak, tetapi kepribadian dan pembawaan kita saat wawancara turut menjadi kunci utamanya.

Meskipun memiliki IPK tinggi, skill di atas rata-rata, serta penampilan yang menarik, tetapi jika sikapnya kurang atau tidak sopan dan tidak mencerminkan kepriadian yang baik, perusahaan akan mempertimbangkan untuk tidak menerimamu.

Sifat yang dimiliki seseorang juga menjadi penentu kariernya di masa depan. Berikut adalah beberapa sifat yang dicari perusahaan saat membuka lowongan pekerjaan.

1. Percaya diri

Hal pertama dan utama yang dicari perusahaan dalam diri calon karyawannya adalah sikap percaya diri. Hal ini akan terihat ketika sesi wawancara. Kamu harus bisa menunjukkan sikap percaya diri dan tegas saat menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan.

Sikap percaya diri juga akan membuat kamu merasa yakin dan lebih tenang saat berkomunikasi dengan orang lain. Orang yang memiliki sikap percaya diri yang tinggi cenderung akan dinilai lebih optimis dalam melakukan sesuatu.

2. Otentik

Otentik dapat dicapai dengan menjadi dirimu sendiri. Tidak usah berusaha tampil mengikuti orang lain. Tunjukkan versi terbaik dirimu dengan berusaha semaksimal mungkin. Kamu harus bersikap terbuka mengenai diri sendiri.

Jawablah pertanyaan pewawancara dengan jujur tanpa dilebih-lebihkan atau ditutup-tutupi. Sampaikan kelebihan dan kekurangan diri kamu sesuai dengan apa adanya. Biarkan pewawancara yang menilai sendiri apakah kamu layak diterima atau tidak.

3. Jujur

Kejujuran adalah hal yang paling dicari oleh semua orang. Perusahaan sangat menghargai kejujuran. Jangan sampai kamu berbohong karena satu kebohongan hanya akan menuntun kebohongan lainnya. 

Bisa jadi pewawancara tempat kamu melamar kerja sedang menguji kamu apakah kamu benar-benar jujur atau sedang berbohong. Ucapkan perkataan yang memang kamu ketahui, jika masih ragu, jawablah sejujur-jujurnya bahwa kamu tidak menguasai jawaban dari pertanyaan yang diajukan.

Itulah 3 sifat pokok yang harus ada di dirimu saat wawancara kerja, agar perusahaan tidak ragu memilihmu. Jika kamu bisa melaksanakan ketiga sifat tersebut, sifat-sifat baik lainnya akan mengikuti.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak