facebook

5 Cara Healing saat Ditinggal Nikah, Yuk Move On!

K. Althaf
5 Cara Healing saat Ditinggal Nikah, Yuk Move On!
Ilustrasi Pengantin Pria Sedih (Pexels/Andrea Piacquadio)

Memiliki hubungan yang langgeng hingga akhir hayat tentu jadi impian semua pasangan. Sayangnya, taka semua kisah cinta berakhir happy ending. Bahkan, beberapa orang harus mengalami yang namanya ditinggal pasangannya menikah.

Ditinggal menikah oleh orang terkasih memang bisa terasa amat sakit. Namun, jangan sampai hal ini membuat kamu jadi hilang arah. Saat cobaan ini menimpa dirimu, cobalah lakukan healing lewat hal-hal berikut.

1. Tenangkan diri dan hati

Ditinggal menikah dengan mantan pasanganmu memang bisa menguras pikiran. Apalagi jika ternyata hal ini dilakukan saat kalian belum memutuskan hubungan.

Saat hal ini terjadi, beberapa pertanyaan seperti 'kenapa ia pergi?' 'apa yang salah di diriku?' atau bahkan 'aku kurang apa?' justru membuat kamu merasa stres. Untuk itu, ada baiknya tenangkan diri dan buang seluruh pikiran negatif tersebut. Seperti halnya lirik lagu Kunto Aji bahwa "semua ini bukan salahmu".

2. Jangan kepo!

Hasrat ingin mengetahui kondisi mantan setelah berpisah tentu seringkali muncul di benak secara tiba-tiba. Akibatnya, kamu terus mencari tahu dirinya lewat media sosial, teman dekat, atau bahkan mengubunginya langsung. Padahal, hal-hal ini justru hanya membuat kamu terjebak dalam kesedihan. Apalagi jika mantanmu telah bahagia bersama kekasihnya saat ini.

Jadi, sebaiknya hindari untuk mencari tahu apa yang tak perlu kamu ketahui. Cukup fokus dengan diri kamu sendiri di masa kini dan ke depannya nanti ya!

3. Melakukan hal positif

Biasanya, saat ditinggal nikah, otak kamu akan terus berpikir tentang alasan dia meninggalkanmu. Dan alasan lain mengapa hubungan kalian tak bisa ke jenjang pernikahan. Tak hanya itu, kamu pun akan mulai membandingkan diri dengan pasangan mantanmu saat ini.

Bahkan, kamu terkadang merasa memerlukan jawaban dan penjelasan dari semuanya agar merasa lebih baik. Sayangnya, tidak semua orang memiliki keberanian untuk menjelaska, bahkan tak dapat atau ingin menjelaskannya.

Jika mantan mu memilih hal ini, yang kamu perlukan hanyalah berpikir positif bahwa kamu layak mendapatkan yang lebih baik darinya. Selain itu, kamu juga bisa melakukan hal positif lainnya yakni dengan mengembangkan value dalam diri kamu.

4. Liburan

Beberapa orang terkadang menjadikan liburan sebagai salah satu cara healing. Mungkin hal ini juga perlu kamu coba. Berpergian ke tempat baru, bertemu dengan banyak orang, mencicipi kuliner lezat tentunya akan meningkatkan mood di dalam diri kamu.

Cobalah untuk datangi tempat-tempat favoritmu seperti pantai, museum, gunung, atau tempat lainnya. Atau, kamu juga bisa pergi ke tempat yang memang sudah lama kamu impikan. Jadikanlah liburan ini untuk refreshing diri sejenak dan proses healing-mu.

5. Cari teman curhat

Saat hal sedih terjadi, yang biasanya dibutuhkan adalah tempat untuk bercerita atau curhat. Sebab, dalam kondisi ini, terkadang yang dibutuhkan hanya orang yang bisa mendengarkan cerita kamu. Namun, pastikan orang tersebut memang mereka yang kamu percaya dan enak diajak untuk curhat.

Kamu bisa minta sahabatmu atau keluarga untuk mendengarkan masalahmu. Kamu juga bisa minta mereka untuk memberikan solusi. Jika tak punya tempat untuk bercerita, kamu juga bisa datangi psikiater untuk berkonsultasi.

Itulah kelima hal yang bisa kamu lakukan saat merasa patah hati karena ditinggal nikah. Kamu tentu perlu waktu untuk bisa merasa ikhlas dan move on ke lain hati. Pastikan diri kamu untuk healing terlebih dahulu sebelum menjalin hubungan baru ya!  

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak