alexametrics

3 Tanda Kamu sedang Berada di Fase Burnout, Kenali dari Sekarang!

Rizky Melinda Sari
3 Tanda Kamu sedang Berada di Fase Burnout, Kenali dari Sekarang!
Ilustrasi burnout (pexels)

Banyaknya tuntutan dan permasalahan di zaman sekarang pasti membawa dampak bagi kesehatan fisik dan mental. Tidak sedikit orang yang mengaku mengalami burnout. Sebenarnya apa sih burnout itu?

Burnout adalah suatu kondisi ketika seseorang merasa stres dan lelah baik secara fisik maupun mental, sehingga menyebabkan mereka tidak bersemangat serta kekurangan gairah untuk melakukan apapun.

Masa peralihan dari serba online menuju offline kembali seperti sekarang semakin memperparah keadaan. Ibaratnya, kita sudah terbiasa melakukan segala sesuatu termasuk sekolah dan pekerjaan di rumah, lalu tiba-tiba kembali disuruh berinteraksi di luar ruangan.

Burnout harus segera diatasi karena jika dibiarkan terlalu berlarut-larut, dapat memengaruhi produktivitas dan kesehatan mental seseorang. Berikut adalah beberapa ciri-ciri yang menandakan kamu sedang mengalami burnout.

1. Menurunnya motivasi hidup

Ciri-ciri atau tanda pertama ketika kamu mulai memasuki fase burnout adalah rasa semangat dan motivasi kamu akan mulai menurun drastis. Kamu merasa tidak bersemangat untuk menjalani hari di pagi hari ketika baru bangun tidur.

Kamu akan merasa hari ini berjalan dengan membosankan, bahkan kamu sama sekali tidak antusias dan tertarik untuk menjalaninya. Kamu bahkan tidak tahu hal apa terlebih dahulu yang harus kamu lakukan.

2. Merasa lelah

Ciri-ciri atau tanda kedua yang menandakan bahwa kamu sedang mengalami burnout adalah mudah merasa lelah dan terus merasa lemas. Kamu merasa kelelahan sepanjang waktu, padahal kamu tidak sedang melakukan pekerjaan berat.

Lelah yang dialami dapat berupa lelah fisik, pikiran, mental, atau emosional. Kamu merasa seakan tidak ada lagi energi yang tersisa dalam tubuhmu. Hal yang kamu inginkan hanyalah diam tidak melakukan apapun, tetapi hal tersebut juga membuatmu tidak tenang dan stres.

3. Menurunnya performa kerja

Ciri-ciri atau tanda terakhir yang kamu rasakan ketika burnout adalah menurunnya performa kerja. Kamu sama sekali tidak bergairah dan bersemangat untuk melakukan pekerjaan, semudah apapun pekerjaan itu. 

Hal ini terjadi karena kamu kesulitan berkonsentrasi dalam mengerjakan sesuatu. Penurunan konsentrasi ini terjadi akibat berkurangnya rasa semangat dan kondisi tubuh yang mudah lelah.

Itulah 3 tanda atau ciri-ciri bahwa kamu sedang berada di fase burnout. Segera kenali dan hindari hal ini.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak