facebook

4 Hal yang Harus Kamu Biasakan agar Masa Depanmu Cemerlang, Mulai dari Sekarang!

Adira Putri Aliffa
4 Hal yang Harus Kamu Biasakan agar Masa Depanmu Cemerlang, Mulai dari Sekarang!
Ilustrasi orang gembira.[Pexels.com/Mart Production]

Setiap hal yang kita lakukan sekarang bisa menentukan masa depan. Berbagai pahit manisnya rintangan yang kita hadapi bisa membentuk diri kita suatu saat nanti. Membentuk diri agar lebih kuat, sabar, dan pantang menyerah untuk naik ke level kehidupan yang lebih tinggi.

Memang semua itu tak mudah untuk dilakukan, tetapi jika kita berhasil menerapkan dan melaluinya maka kesuksesan yang kita impikan akan kita raih. Rasa bahagia dan bangga pun menyambut kita setelah perjuangan keras selama ini. Maka dari tu, yuk mulai biasakan 5 hal di bawah ini demi masa depan cemerlang!

1. Memegang erat mimpimu

Ilustrasi traveller (Pexels.com)
Ilustrasi traveller (Pexels.com)

"Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia." ya, barusan adalah lirik lagu Laskar Pelangi yang dinyanyikan oleh Nidji. Satu kalimat itu memiliki arti yang sangat mendalam dan memberikan energi positif bagi siapapun yang mendengarnya. Mimpi memanglah kunci untuk menaklukkan banyak hal, termasuk menaklukkan rasa takut, diri sendiri, dan bahkan menaklukkan dunia. Hal itu memang benar adanya dan nyata adanya, kebanyakan orang yang berani bermimpi lalu mengenggam erat impiannya cenderung lebih berani dalam menaklukkan banyak hal. 

Dari keberanian itu tentunya bisa membentuk dirinya untuk terus maju dan berkembang agar lebih dekat lagi dengan mimpi yang diinginkannya. Jadi, bila kamu ingin masa depanmu cemerlang, selalu pegang erat mimpimu ya? Jangan pernah lepaskan, letakkan, apalagi dikubur. Mimpimu juga berhak hidup dan kamu berkewajiban untuk membuatnya hidup.

2. Berdamai dengan rasa takut

Ilustrasi orang berkumpul (Pexels.com)
Ilustrasi orang berkumpul (Pexels.com)

Rasa takut memang seringkali menghalangi jalan yang kita lalui. Padahal niat ingin mencoba sesuatu sudah ada, tetapi rasa takut selalu menahannya. Takut gagal, takut akan komentar orang, takut tak bisa maksimal, dan takut-takut yang lain. Wajar, kalau dipikir-pikir, semua orang pernah takut. Namun, hanya beberapa orang saja yang bisa berdamai dengannya. Cobalah untuk menjadi beberapa orang itu, berdamai dengan rasa takut lalu perlahan menghadapinya. Yakinkan dirimu bahwa kamu itu bisa, jangan biarkan ketakutan yang mengendalikan langkahmu, tapi dirimulah yang harus mengendalikan ketakutan itu.

3. Berteman dengan risiko

Foto orang mengobrol (Pexels.com)
Foto orang mengobrol (Pexels.com)

Semua hal di dunia selalu memiliki risiko. Ketika kita ingin memperjuangkan sesuatu pasti selalu ada yang dikorbankan. Itu adalah sebuah kewajaran dalam kehidupan. Bukankah jika tanpa pengorbanan semua tidak akan berjalan dengan maksimal? Jadi, mulai sekarang yuk berteman dengan risiko. Tanpa risiko, hidupmu pasti bakal kurang seru, loh

4. Merangkul kejujuran dan tanggung jawab

Ilustrasi pria dan wanita bekerja (Pexels.com)
Ilustrasi pria dan wanita bekerja (Pexels.com)

Hal yang terakhir ini sangat penting untuk kamu jadikan kebiasaan mulai dari sekarang bahkan sebenarnya harus kamu biasakan dari dulu. Tanpa kejujuran dan tanggung jawab, semua perjuangan akan terasa sia-sia dan tidak bermakna malah bisa saja mendatangkan bencana. Jadi, jika kamu sudah mulai membiasakan tiga hal sebelumnya, terus ingat hal ke empat ini ya? Biar perjuanganmu untuk meraih masa depan yang cerah semakin lengkap. 

Itu dia tadi, empat hal yang bisa kamu biasakan untuk membentuk masa depan cemerlang. Semoga bermanfaat dan bisa dijadikan penyemangat. Coba untuk lakukan 4 hal tadi perlahan ya? Sebab semua itu butuh tahapan. Lalu teruslah belajar yakin kalau apa yang kamu lakukan sekarang itu berpengaruh besar untukmu di masa depan. Semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak