alexametrics

5 Tips Mengurangi Kecanduan Kopi, Segera Cek!

Rosi be faro
5 Tips Mengurangi Kecanduan Kopi, Segera Cek!
Ilustrasi kopi (Unsplash)

Kopi merupakan minuman mengandung kafein yang lezat serta memiliki manfaat yakni kandungan antioksidan yang baik bagi tubuh serta mampu meningkatkan daya fokus dan konsentrasi. Meski memiliki sejumlah manfaat namun kopi juga memiliki efek tidak baik jika dikonsumsi secara tidak wajar.

Memiliki rasa yang nikmat membuat siapa saja bisa kecanduan minum kopi. Jika sudah ketergantungan sebaiknya Anda segera kurangi mengkonsumsi minuman berkafein ini, karena dibalik itu terdapat beberapa efek yang tidak baik bagi tubuh, seperti menurunnya kualitas tidur, menimbulkan efek cemas atau stres serta kurangnya daya konsentrasi. Agar terhindar dari hal tersebut, sebaiknya Anda kurangi minum kopi. Merangkum dari hellosehat, berikut lima cara untuk mengurangi ketergantungan akan kopi.

1. Kurangi secara bertahap

Mungkin akan susah jika langsung bisa mengurangi asupan kopi. Bagi Anda yang sudah kecanduan kopi, Anda bisa mengurangi secara bertahap. Misal satu hari kurangi satu cangkir selama satu minggu, dan untuk minggu kedua kurangi dua cangkir selama satu minggu. Lakukan langkah tersebut sampai benar-benar Anda bisa membatasi asupan kopi secara wajar dan sesuai dengan kondisi Anda.

2. Cari minuman lain yang lebih sehat

Cara yang kedua untuk mengurangi kecanduan kopi yakni mengganti kopi dengan minuman lain yang lebih sehat seperti jus, teh herbal maupun air lemon hangat.

3. Ganti dengan air putih

Air putih bisa Anda pilih untuk mengurangi asupan kopi. Selain menyegarkan, air putih juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang memiliki sifat detoksifikasi tubuh.

4. Tidur dapat memenuhi kebutuhan energi

Tuntutan pekerjaan sampai larut malam membuat orang akan mencari cara agar bisa kuat begadang dan kebanyakan orang akan memilih untuk meminum cukup banyak kopi agar tetap terjaga. Dari pada melakukan tersebut, sebaiknya Anda bisa mengganti dengan istirahat tidur siang sebentar agar malamnya Anda bisa kuat begadang.

5. Ganti dengan minuman yang mengandung susu

Anda bisa mengurangi kecanduan kopi dengan mengganti minuman yang bervariasi seperti minuman hangat yakni susu hangat, teh herbal hangat maupun cokelat hangat.

Itulah lima cara untuk mengurangi kecanduan kopi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak