facebook

3 Penyebab Merasa Tidak Berguna dalam Menjalani Hidup, Segera Atasi!

Sunatus Solikhah
3 Penyebab Merasa Tidak Berguna dalam Menjalani Hidup, Segera Atasi!
3 Penyebab Merasa Tidak Berguna dalam Menjalani Hidup, Segera Atasi! (Pexels/Cottonbro/sunatus)

Sebagian orang merasa tidak berguna dalam menjalani hidup. Apalagi jika apapun yang dilakukan tidak pernah benar di mata orang lain, bahkan disalah-salahkan. Apakah kamu juga sedang mengalami situasi ini?

Biasanya perasaan timbul karena adanya pemicu. Hal ini juga berlaku dengan perasaan satu ini. Jika dibiarkan, akan memberikan beragam dampak buruk. Seperti minder, takut mengambil langkah atau keputusan bahkan berkemungkinan menyebabkan depresi.

Penyebab yang terlihat sepele bukan berarti memberikan dampak sepele. Dampak membahayakan bisa sangat mengancam. Apa sajakah penyebab merasa tidak berguna dalam menjalani hidup? 3 di antaranya sebagai berikut.

1. Cara Berpikir Cenderung Negatif

Memiliki cara berpikir yang cenderung negatif akan berkemungkinan besar membuat kamu memiliki perasaan ini. Memiliki sudut pandang terhadap sesuatu hanya dari sisi negatifnya saja.

Jangan biarkan hal ini terus terjadi. Selain merusak pikiran, akan membuat langkah hidupmu terhambat. Sebab, yang tertanam dalam pikiran adalah apapun langkah pasti gagal. Sehingga, menjadi enggan untuk melangkah.

2. Lingkungan Sekitar Tidak Berpihak

Penyebab selanjutnya adalah lingkungan sekitar tidak berpihak. Ketika seseorang melakukan hal sebaik apapun ditolak, bukan tidak mungkin akhirnya menimbulkan perasaan tidak berguna.

Apalagi jika yang diberikan bukan hanya penolakan, tapi juga makian. Setiap orang menyikapi hal ini akan berbeda. Bisa menjadi semakin frustasi atau malah termotivasi supaya tidak dipandang sebelah mata.

3. Sedang Mengalami Suatu Masalah

Ketika seseorang sedang mengalami suatu masalah, biasanya banyak pikiran-pikiran negatif bermunculan. Salah satunya merasa bukanlah seseorang yang berguna. Bahkan akhirnya berpikir, aku tidak berguna, mengapa harus hidup?

Bila kamu memiliki masalah dan rawan mengalami stress berlebih ketika dipendam sendiri, sebaiknya berbagilah cerita kepada teman terdekat yang bisa dipercaya. Setidaknya, walaupun masalahmu belum teratasi, hati lebih tenang.

Biasanya ketika hati lebih tenang, pikiran akan menjadi lebih jernih. Bahkan memungkinkan beragam alternatif solusi bisa ditemukan. Jangan biarkan perasaan yang tidak seharusnya dipelihara dibiarkan begitu saja ya.

Bila diri sendiri belum cukup memberikan solusi, kamu bisa mencari dorongan untuk menjadi pribadi yang lebih positif dari orang lain. Bila perlu, hindari orang yang memicumu memiliki perasaan seperti ini, kamu punya hak untuk itu.

Semangat ya, kamu punya nilai tersendiri yang tidak dimiliki oleh orang lain. Dan hanya orang yang menyayangimu yang akan melihat hal itu. Jadi, jangan lagi merasa tidak berguna karena setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menjadi bermanfaat, begitu juga kamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak