facebook

4 Cara Mengatasi Perasaan Tidak Berguna dalam Menjalani Hidup

Sunatus Solikhah
4 Cara Mengatasi Perasaan Tidak Berguna dalam Menjalani Hidup
Ilustrasi merasa tidak berguna dalam menjalani hidup (Pexels/Liza Summer/sunatus)

Memiliki perasaan tidak berguna dalam menjalani kehidupan harus segera diatasi. Mengapa? Karena jika dibiarkan berkemungkinan memicu depresi hingga aksi nekat bunuh diri. Merasa tidak berguna bisa terjadi karena banyak hal.

Baik itu penyebabnya dari orang lain maupun diri sendiri. Segera atasi bila kamu mengalaminya, supaya tidak memunculkan perasaan dan tindakan negatif lainnya.

Berikut, 4 cara mengatasi perasaan tidak berguna dalam hidup yang bisa kamu coba terapkan:

1. Melakukan Kegiatan Positif Setiap Hari

Lakukan hal positif setiap hari untuk mengurangi munculnya perasaan negatif. Ketika kamu melakukan banyak hal positif, waktu untuk berpikir menjadi orang yang tidak berguna akan berkurang.

Sebab, kamu menghabiskan waktu untuk hal-hal yang berguna setiap harinya. Baik itu berguna untuk diri sendiri maupun orang lain. Bila perlu, buatlah list apa sajakah kegiatan positif apakah yang akan dilakukan setiap harinya.

2. Kurangi Melakukan Perbandingan Diri

Kurangi melakukan perbandingan diri terhadap pencapaian orang lain. Perbandingan ini meliputi banyak hal, bisa pendidikan, pekerjaan, prestasi dan lain sebagainya. Menjadikan pencapaian orang lain sebagai dorongan untuk lebih bekerja keras sangat baik.

Namun terkadang, terlalu berlebihan terus membandingkan satu hal dengan hal yang lain. bukannya termotivasi, malah menjadi minder dan tidak mempunyai rasa percaya diri untuk melangkah. Bahkan timbul perasaan bukan orang berguna dan dapat  dibanggakan.

3. Memberikan Apresiasi pada Diri Sendiri

Kamu perlu memberikan apresiasi pada diri sendiri. Tujuannya untuk lebih bisa menghargai pencapaian yang selama ini dilewati. Jadi, menghargai itu penting tidak hanya terhadap orang lain saja, tapi juga diri sendiri.

Banyak bentuk apresiasi yang bisa kamu lakukan untuk diri sendiri. Misalnya membeli makanan atau minuman kesukaan, mengunjungi tempat favorit dan hal-hal menyenangkan lainnya sebagai reward atas apa yang sudah berhasil kamu perjuangkan.

4. Perbanyak Memiliki Rasa Syukur

Cara terakhir yaitu perbanyak bersyukur atas apapun yang selama ini sudah kamu dapatkan. Kurangnya rasa syukur tidak hanya memicu merasa tidak berguna dalam hidup saja, tapi juga hal negatif lainnya.

Salah satunya iri terhadap apa yang didapatkan oleh orang lain. Padahal setiap orang sudah memiliki porsi rezekinya masing-masing. Perbanyak bersyukur akan membuatmu terhindar dari banyak perilaku negatif.

Berguna atau tidaknya seseorang, bukan selalu diri sendiri yang menilai. Jadi, jangan terlalu yakin dengan asumsi negatifmu. Setiap orang memiliki versinya sendiri untuk bisa berguna, begitu juga kamu. Kamu punyai value tersendiri yang orang lain tidak miliki.

Jangan lagi merasa tidak berguna ya. Sebanyak apapun hal positif yang kamu lakukan, bila tidak menghargai pencapaian diri, berkemungkinan menimbulkan perasaan tidak berguna dalam hidup. Jadi, semuanya tergantung dari bagaimana kamu menyikapi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak