facebook

Inilah 3 Manfaat Membaca yang Penting Untuk Diketahui

Sofina Sehan
Inilah 3 Manfaat Membaca yang Penting Untuk Diketahui
ilustrasi orang membaca (pexels.com/Karolina Grabowska/seann)

Membaca terkesan membosankan. Hal itu terjadi karena kita tidak tahu dari manfaat membaca.

Jika kita tahu manfaat membaca, mungkin kita akan berusaha meluangkan waktu yang kita punya untuk membaca buku dan jenis bacaan lainnya.

Berikut ini adalah tiga manfaat membaca yang sangat penting untuk kita ketahui:

1.Membuat Diri Kita Tenang

Dengan membaca, kita bisa lebih tenang dan santai, karena biasanya kita telah lebih sering mendengarkan kebisingan dari segala aktivitas manusia yang menjalani kehidupan.

Biasanya kita akan mencari tempat dan suasana yang sunyi  untuk menghindari kebisingan, agar kita bisa fokus dan konsentrasi saat membaca. Walaupun terkadang  ada juga yang bisa fokus membaca meski di tempat bising sekali pun. Akan tetapi, rata-rata orang akan mencari tempat yang sunyi agar bisa lebih fokus dalam membaca.

2.Menambah Ilmu pengetahuan

Tentu saja kita tidak hanya akan membaca satu buku atau satu jenis bacaan saja. Ada begitu banyak jenis bacaan seperti sains, buku sejarah, novel, dan berbagai jenis bacaan lainnya. Dengan ponsel yang kita punya, kita menjadi lebih di mudahkan untuk mendapatkan bacaan berita terbaru dan segala macam bacaan yang baik, yang tentunya itu semua akan menambah ilmu pengetahuan kita terhadap banyak hal.

3.Membantu Kita Dalam Menulis

Untuk kita yang seorang penulis, atau kita yang baru akan memulai untuk menulis, manfaat membaca juga akan sangat banyak membantu kita untuk menambah kosakata dalam penulisan.

Selain itu, kita juga menjadi tahu tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Dengan cara membaca banyak buku yang berbeda jenis. Meski pada awalnya memang membosankan, tetapi jika sudah terbiasa membaca dan mengetahui berbagai manfaat membaca, hal ini akan menjadi kegiatan membaca yang sangat menyenangkan.

Itulah, berbagai macam manfaat membaca yang sangat penting untuk kita ketahui agar kita tidak lagi menganggap kegiatan membaca sebagai kegiatan yang membosankan, melainkan kita akan menganggap kegiatan membaca sebagai sesuatu yang sangat menyenangkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak