facebook

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Naik Gunung, Jangan Coba-Coba Lakukan

Diat Anugrah
5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Naik Gunung, Jangan Coba-Coba Lakukan
Ilustrasi Tas Carrier (Pexels.com/diatanugrah)

Mendaki gunung bukanlah hal sepele yang dapat dilakukan sesuka hati kita. Saat melakukan pendakian, kita menempuh perjalanan jauh dengan berjalan kaki serta masuk ke kawasan yang sangat berbeda dengan tempat kita biasa beraktivitas di perkotaan.

Oleh sebab itu, ada beberapa aturan baik tertulis maupun tidak tertulis yang wajib dipatuhi oleh setiap pendaki. Aturan-aturan tersebut penting untuk menjaga alam yang kita lewati sekaligus menjaga keselamatan kita selaku pendaki.

Berikut ini adalah 5 tindakan yang dilarang dilakukan saat mendaki gunung:

1. Membuang Sampah Sembarangan

Saat mendaki gunung, kita melewati kawasan alam yang masih asri dan alami. Keasrian alam tersebut harus dijaga oleh setiap pendaki yang melewatinya, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain karena membuang sampah adalah tindakan yang tidak terpuji, tindakan tersebut dapat mengurangi keindahan dari gunung tersebut. Para pendaki pasti tidak akan senang jika gunung yang ia kunjungi penuh sampah.

Oleh sebab itu, jangan pernah tinggalkan sampah di gunung. Sediakan kantong plastik untuk membawa sampah-sampah kita.

2. Merusak Alam

Selain dengan tidak meninggalkan sampah, menjaga keindahan gunung dapat dilakukan dengan tidak melakukan tindakan yang merusak alam. Tindakan merusak alam misalnya memetik bunga, atau merusak tanaman yang tumbuh di gunung.

Maka ada sebuah pesan bahwa saat mendaki gunung, jangan pernah meninggalkan apapun kecuali jejak, dan jangan membawa apapun kecuali gambar.

3. Membunuh Binatang

Memasuki kawasan alam yang masih asri maka besar kemungkinan akan bertemu dengan berbagai macam binatang. Namun, jangan ganggu binatang-binatang tersebut, apalagi sampai membunuhnya. Bagaimanapun juga, binatang tersebut adalah tuan rumah sedangkan kita adalah tamu.

4. Melanggar Norma Kesopanan

Kita wajib menjaga kesopanan dimanapun kita berada, tidak terkecuali saat berada di gunung. Jaga tingkah laku serta tutur kata kita, tidak boleh sembarangan.

Jangan ucapkan perkataan serta jangan lakukan tindakan yang tidak sopan, apalagi sampai melakukan tindakan asusila. Hal tersebut sangatlah dilarang.

5. Keluar dari Jalur Pendakian

Hampir semua gunung saat ini sudah memiliki jalur pendakian yang biasa dilalui para pendaki. Hal tersebut dapat memudahkan pendaki agar tidak tersesat dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebanyak apapun pengalaman kamu naik gunung, jangan pernah coba-coba untuk keluar dari jalur pendakian. Tindakan tersebut berbahaya dan bisa berakibat fatal. Hak tersebut dikarenakan kita tidak pernah tahu medan seperti apa yang ada di luar jalur. 

Demikianlah 5 hal yang tidak boleh dilakukan saat naik gunung. Jangan pernah lakukan, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak