facebook

4 Tips Menjalani Hubungan LDR, agar Kamu dan Pasangan Tetap Langgeng

K. Althaf
4 Tips Menjalani Hubungan LDR, agar Kamu dan Pasangan Tetap Langgeng
Ilustrasi hubungan LDR (Unsplash/Kevin Escate)

Menjalani hubungan asmara tentunya membutuhkan dua orang yang solid, terlebih jika menjalani LDR (Long Distance Relationship). Hubungan LDR atau jarak jauh memang sering terdengar dan kerap membingungkan bagi beberapa pasangan.

Pasalnya, jarak yang jauh antar kota atau bahkan negara terkadang menjadi penyebab berbagai masalah muncul. Untuk sebagian orang, hubungan LDR juga menjadi pemicu mereka putus. Namun, ada juga hubungan yang malah semakin dikuatkan oleh jarak. Mau hubungan LDR kamu tetap langgeng? Simak tips menjalani hubungan LDR ini.

Jaga komunikasi

Dalam setiap hubungan asmara, komunikasi menjadi hal yang paling penting yang harus dijaga. Kurangnya komunikasi dalam suatu hubungan seringkali menimbulkan kesalahpahaman yang berujung pertengkaran. Jika ingin hubungan LDR kamu terhindar dari pertengkaran, usahakanlah untuk selalu menjaga komunikasi. Meluangkan waktu 1 atau jam setiap weekend untuk telfon atau video call bisa menjadi solusi agar hubungan kalian tetap terjaga dan awet.

Selesaikan masalah tanpa pertengkaran

Ketika menjalani hubungan, pastinya kita akan dihadapkan dengan suatu masalah. Biasanya masalah ini muncul karena perbedaan pendapat, kesalahpahaman, atau pikiran negatif. Adanya jarak dalam hubungan LDR tentu terkadang menyulitkan kamu untuk menyelesaikan masalah secara langsung. Masalah yang dibiarkan begitu saja sebenarnya bisa menimbulkan pertengkaran yang lebih rumit.

Untuk itu, jangan pernah lari dari masalah yang ada. Selesaikanlah baik-baik dengan kepala dingin melalui telefon agar lebih jelas. Hindari menyelesaikan masalah melalui chat karena terkadang malah akan menimbulkan kesalahpahaman.

Manfaatkan quality time

Bagi para pasangan LDR, bertemu merupakan hal yang paling ditunggu-dituggu. Tidak seperti pasangan lainnya, momen quality time menjadi momen paling berharga yang hanya bisa dilakukan beberapa waktu saja. Saat momen ini datang, manfaatkanlah waktu bersama kalian sebaik mungkin. Bagi kebanyakan pasangan LDR, bertemu dan menghabiskan waktu bersama seringkali menjadi jawaban dari segala permasalahan. Bahkan, tak jarang bahwa inti dari segala permasalahan adalah rasa kangen.

Saling percaya

Setiap hubungan tentu harus punya komitmen. Untuk pasangan LDR, percaya menjadi kunci yang harus dijaga selain komunikasi. Tanpa menjaga rasa percaya terhadap pasangan, hubungan asmara kalian pastinya akan lebih sering dikelilingi oleh banyak masalah. Rasa percaya yang rendah bisa membuat kita berpikiran negatif terhadap pasangan. Akibatnya, timbulah perdebatan yang berujung pertengkaran.

Nah, itu dia 4 hal yang bisa membuat hubungan LDR kamu awet dan langgeng hingga ke jenjang yang lebih serius. Selain keempat hal tersebut, hubungan jarak jauh tentunya juga mengharuskan kamu untuk mendukung dan menghargai pasangan. Dengan begitu, hubungan kalian bisa terhindar dari masalah dan pertengkaran.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak