facebook

3 Tips Menghadapi Perpisahan dengan Sahabat atau Pasangan, Jaga Komunikasi!

Rizky Melinda Sari
3 Tips Menghadapi Perpisahan dengan Sahabat atau Pasangan, Jaga Komunikasi!
Ilustrasi perpisahan. (pexels)

Perpisahan merupakan sebuah hal yang mutlak atau pasti terjadi dalam sebuah kehidupan, baik hubungan dengan pasangan kekasih, sahabat, maupun keluarga. Perpisahan dapat terjadi untuk sementara atau selama-lamanya. Perpisahan untuk selama-lamanya pastilah meninggalkan luka yang dalam dan pedih.

Namun, di samping perpisahan untuk selamanya, hidup manusia juga diwarnai dengan perpisahan-perpisahan yang sifatnya sementara. Misalnya berpisah dengan teman setelah lulus sekolah, hingga berpisah dengan pasangan sehingga harus menjalani hubungan asmara jarak jauh atau ldr. 

Tanpa kita sadari, perpisahan-perpisahan kecil seperti itu juga dapat membuat kita sedih dan galau. Berikut ini adalah beberapa tips untuk menghadapi perpisahan dengan sahabat atau pasangan yang akan pergi untuk sementara waktu.

1. Beri waktu untuk bersedih

Perpisahan apa pun pastinya membawa kesedihan bagi orang-orang yang pergi ataupun yang ditinggalkan. Berikan ruang kepada perasaan untuk bersedih, karena kesedihan yang terlalu dipendam dan disembunyikan juga tidak baik untuk kesehatan fisik dan mental seseorang.

Berikan waktu bagi perasaan untuk merasa sedih, tetapi jangan dibiarkan sampai berlarut-larut. Ketika rasa sedihmu sudah berkurang, kamu harus bisa bangkit kembali dan percaya bahwa kehidupan ke depannya akan baik-baik saja meskipun tidak ada sahabat atau pasangan di dekatmu.

2. Hargai alasan di balik perpisahan

Perpisahan dengan sahabat atau pasangan biasanya terjadi karena alasan yang sebenarnya baik, seperti melanjutkan pendidikan di tempat yang jauh, hingga alasan pekerjaan yang menuntut bepergian ke tempat jauh. 

Tentu saja jika bisa memilih, kita tidak ingin berpisah jauh dengan sahabat atau pasangan, tetapi kita harus menghargai alasan mulia dibalik perpisahan tersebut. Percayalah, jika memang ditakdirkan untuk bersahabat selamanya atau berjodoh seumur hidup, suatu hari nanti di waktu yang tepat, perpisahan ini akan menjadi kenangan yang indah untuk diceritakan satu sama lain nantinya.

3. Tetap tersambung melalui komunikasi

Salah satu kunci agar hubungan pertemanan atau hubungan asmara tetap terjalin dengan baik adalah menjaga komunikasi. Meskipun terpisah jarak yang tidak dekat, komunikasi yang terjalin dengan baik dapat menjaga hubungan tetap baik-baik saja.

Hargai sahabat atau pasangan yang jauh dari kita dengan meluangkan waktu beberapa menit dalam sehari untuk saling bertukar kabar, bercerita, berkeluh kesah, atau sekadar ngobrol ringan. Dengan demikian, kalian tetap saling terhubung dan jarak yang membentang tidak dapat memutuskan hubungan di antara kalian.

Itulah tiga tips yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi perpisahan dengan sahabat terbaik atau pasangan tersayang yang harus pergi jauh untuk sementara dari kehidupan di sekitar. Tetap jaga komunikasi dan hargai waktu yang ada, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak