facebook

Bisa Menutup Diri, Ini 5 Bahaya dan Dampak dari Invisible Child

Nanik Writer
Bisa Menutup Diri, Ini 5 Bahaya dan Dampak dari Invisible Child
Ilustrasi Dampak Invisible Child (Pixabay.com/Darksoul1)

Dampak dari perlakuan buruk orang tua kepada anak ternyata begitu membekas di alam bawah sadar. Dampak ini pada umumnya akan terlihat ketika anak memunculkan perilaku sebagai respons terhadap apa yang telah ia lalui. Mereka akan merasakan perasaan-perasaan hancur yang terkadang tidak begitu terlihat oleh orang lain.

Mereka akan membawa luka akibat perlakuan buruk orang tua sampai dewasa, bahkan sampai ia menua. Karena begitu hebatnya dampak invisible child ini, seseorang akan mengalami beberapa hal seperti di bawah ini:

1. Menutup diri

Bagi sebagian orang, mereka tidak memiliki mental sekuat baja. Mereka bisa rapun dan roboh saat mendapati hal-hal yang buruk menimpanya. Orang yang mengalami invisible child umumnya akan menutup diri dari pergaulan. Mereka akan merasa bahwa orang lain tidak akan peduli dengan keadaanya dan mereka pun akan bersikap cuek terhadap dunia.

2. Over mandiri

Bagi mereka, mandiri adalah jalan satu-satunya agar harga dirinya tetap aman. Karena dengan mandiri, mereka tidak akan merepotkan orang lain dan selalu dianggap remeh. Umumnya mereka akan kesulitan dalam mengerjakan hal-hal yang bersifat kelompok.

3. Over ambisius

Bagi mereka, pengakuan dari orang lain sangatlah penting. Hal ini sebagai bukti bahwa dia bisa dibanggakan dan patut mendapatkan pujian sehingga mereka akan berusaha untuk mencapai mimpi-mimpi besar yang terkadang justru membuat mereka semakin stres apabila gagal mencapai tujuannya.

4. Self esteem rendah

Mereka akan merasa harga dirinya rendah dan tidak mampu berbuat banyak hal dalam hidupnya. Sebagai buntut dari perlakuan tidak menyenangkan dari orang tua selama ini.

5. Gagal dalam menjalin hubungan

Mereka akan kesulitan dalam menjalin hubungan karena terdapat sisi neurotis yang mendominasi kepribadiannya. Mereka umumnya akan salah dalam mengartikan hubungannya dengan lawan jenis dan rentan mengalami konflik asmara.

6. Selalu ingin diperhatikan

Akibat kekurangan perhatian dan kasih sayang dari keluarga, mereka akan haus akan cinta dan perhatian sehingga mereka selalu ingin diperhatikan oleh orang lain. Jika mereka tidak mendapat perhatian dari orang lzin maka mereka akan mengalami overthingking yang berlebihan.

Begitu banyaknya dampak invisible child pada kehidupan seseorang, sehingga jangan sampai kita memperlakukan anggota keluarga dengan seenaknya ya. Karena hal-hal yang kita anggap biasa terkadang adalah hal yang menyakitkan bagi mereka.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak