facebook

5 Tanda Bahwa Kamu Memiliki Pemikiran yang Dewasa, Bagaimana denganmu?

Nanik Writer
5 Tanda Bahwa Kamu Memiliki Pemikiran yang Dewasa, Bagaimana denganmu?
Ilustrasi Menjadi Dewasa (Pixabay.com/RyanMcGuire/nanik)

Jika setiap orang pasti menua, maka tidak semua orang mampu bersikap dewasa. Dewasa tidaklah mudah, perlu hati yang lapang dan kekuatan mental yang tinggi untuk menjalani hidup sebagai manusia dewasa.

Kedewasaan tidak dapat diukur dari usia seseorang, namun kedewasaan dapat dilihat dari berbagai hal seperti berikut ini:

1. Memilah baik dan buruk

Jika kamu sudah dewasa, kamu tentu akan mampu memilah mana yang baik dan mana yang buruk. Baik untuk dirimu sendiri maupun untuk orang-orang disekitarmu. Dengan begitu, kamu dapat mempertimbangkan hal apa saja yang perlu kamu lakukan dan mana yang tidak perlu untuk kamu lakukan.

2. Mampu menerima masukan

Kamu baru bisa disebut dewasa jika kamu sudah mampu dan terbasa memnerima setiap kritik dengan lapang dada dan menjadikannya sebagai pembelajaran. 

3. Mendasari tindakan dari proses berpikir

Kamu harus melakukan setiap keputusan dan tindakan setelah kamu memikirkan sebab dan akibat yang mungkin akan menghampirimu. Jangan sampai asal-asalan dalam bertindah sehingga malah menimbulkan masalah baru.

4. Fokus pada solusi daripada berkutat pada masalah

Ketika menghadapi sebuah persoalan, orang yang berpikiran dewasa akan mencari solusi terbaik yang harus dilakukan daripada sibuk mencari-cari alasan dan menyalahkan orang lain.

5. Mampu mengerti orang lain dan melihat segala sesuatu dari kacamata positif

Dari banyaknya pengalaman yang kamu lalui akan membuatmu mudah memahami perasaan dan posisi orang lain sehingga tidak membuatmu bersikap egois.

Kamu juga bisa melihat segala sesuatu melalui sudut pandang positif sehingga tidak mudah men-judge sesuatu dengan penilaian yang buruk.

6. Mampu melawan rasa takut

Banyak rintangan yang telah kamu lewati akan membuatmu tahan banting dan tidak akan takut lagi dalam menghadapi berbagai rintangan yang mungkin aknan menghampirimu.

7. Tidak haus akan apresiasi dan pujian 

Kamu tidak akan mementingkan pujian dari orang lain atas apa-apa yang kamu punya. Kamu hanya akan fokus pada tujuan dan pengembangan dirimu. Soal penilaian orang lain bukanlah urusanmu.

Demikian ciri-ciri jika kamu memiliki pemikiran yang dewasa. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak