facebook

5 Hal dari Kehidupanmu yang Tak Perlu Diceritakan pada Orang Lain, Bisa Merugikan Diri Sendiri!

MUHAMMAD FAUZI
5 Hal dari Kehidupanmu yang Tak Perlu Diceritakan pada Orang Lain, Bisa Merugikan Diri Sendiri!
Ilustrasi curhat (freepik.com/shurkin-son)

Kita sebagai makhluk sosial, terkadang sering menceritakan berbagai kehidupan pada orang lain, baik itu kepada keluarga ataupun teman. Namun, alangkah baiknya jika semua hal dalam kehidupan kalian tidak diceritakan kepada orang lain. Kalian harus memberikan batasan terhadap hal apa saja yang boleh atau tidak boleh diceritakan kepada orang lain, agar tidak merugikan diri sendiri.

Sebab, apa yang kalian ceritakan itu belum tentu berdampak positif terhadap orang lain. Mungkin bisa saja hal tersebut akan berdampak negatif dan bisa menimbulkan sebuah masalah baru dikemudian hari. Berikut lima hal seputar kehidupan kalian yang sebaiknya tidak perlu diceritakan kepada orang lain.

1. Ibadah dan Kebaikan yang Pernah Dilakukan

Beribadah merupakan kewajiban bagi kita semua yang harus dilakukan. Hal inilah yang harus kalian sadari bahwa sedikit sekali orang-orang yang membicarakan kebaikannya sendiri kepada orang lain.

Semua tergantung niat kalian juga. Jika niatnya baik untuk memberikan contoh kepada orang lain tentu saja hal itu bagus, tapi apabila niatnya kurang baik ditakutkan kalau ibadah kalian tidak mendapatkan pahala karena mengandung unsur pamer. Jadi, ibadah ataupun amal baik, cukuplah hanya kalian dan sang pencipta saja yang tahu.

2. Rencana Ke depan yang Ingin Diwujudkan

Alangkah baiknya jika kalian simpan dengan rapat rencana yang akan diwujudkan dari sepengetahuan orang lain. Alasannya adalah supaya kalian bisa tetap fokus dalam mencapai rencana yang ingin kalian raih tersebut. Jika hal ini diketahui orang lain, akan selalu ada yang meragukan kalian dengan mimpi yang terlalu tinggi. Bisa saja itu membuat kalian menjadi pesimis dan takut untuk mewujudkan rencana tersebut.

Jika memang harus ada yang mengetahui rencana kalian, usahakan bahwa orang tersebut adalah orang yang sangat dekat dengan kalian seperti orang tua. Mintalah doa agar rencana yang ingin diwujudkan bisa tercapai.

3. Hubungan dengan Kekasih

Sekarang ini banyak sekali pasangan yang membagikan atau menceritakan kisah asmara mereka melalui akun media sosial miliknya. Cobalah kalian membuat batasan-batasan tersebut bersama sang kekasih, hal apa saja yang boleh disampaikan ke publik dan apa saja yang menjadi privasi. 

Jika kalian tidak membuat batasan tentu suatu saat akan menimbulkan masalah bagi kalian dan sang kekasih. Contohnya saja ketika kalian dan sang kekasih sedang mempunyai masalah ataupun adegan romantis yang berlebihan, hal itu tidak perlu membagikannya di media sosial.

4. Masalah dengan Keluarga

Membicarakan masalah keluarga kepada orang lain juga bukan sesuatu yang melulu harus diceritakan kepada orang lain, karena tidak akan ada manfaatnya. Justru, hal ini hanya akan membuat pandangan orang lain terhadap keluarga kalian menjadi buruk.

Jika kalian membicarakan masalah keluarga kepada orang lain, tanpa disadari anggota keluarga yang lain akan merasa dirugikan. Kalau pun ada masalah, sebaiknya diselesaikan secara baik-baik dengan cara kekeluargaan. Intinya adalah masalah di sebuah keluarga hanya kalian dan anggota keluarga saja yang boleh tahu

5. Gaji dan Pendapatan

Setiap orang pasti merasa bangga dengan penghasilan dari kerja kerasnya, tentu saja itu merupakan hal yang wajar. Namun, usahakan jangan sampai kalian menceritakan nominal pendapatan yang didapatkan kepada orang lain. Sebab, kebiasaan ini bisa menimbulkan rasa iri pada orang lain, ataupun membuat kalian menjadi haus akan pujian.

Itulah lima hal mengenai kehidupan kalian yang sebaiknya tidak diceritakan pada orang lain, karena bisa merugikan diri sendiri. Bercerita memang sepenuhnya hak dan dibutuhkan oleh setiap orang, tetapi bijak dalam menceritakan kehidupan juga adalah hal yang perlu diterapkan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak