facebook

6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihentikan Sekarang, Hargai Waktumu!

Rizky Melinda Sari
6 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihentikan Sekarang, Hargai Waktumu!
Ilustrasi waktu dari jam pasir. (pexels)

Kebiasaan buruk yang tanpa sadar sering kita lakukan tentunya akan membawa dampak buruk juga bagi kehidupan. Kita harus bisa menghentikannya sesegera mungkin sebelum semakin berlarut-larut.

Apalagi, sekarang masih bulan pertama di tahun 2022. Kita harus bisa memanfaatkan momentum semangat tahun baru ini untuk memperbaiki kebiasaan-kebiasaan buruk di tahun sebelumnya.

Berikut enam kebiasaan buruk yang harus kamu hentikan sekarang juga agar kehidupan kamu ke depannya menjadi lebih baik dan membawa banyak manfaat.

1. Betah berada di zona nyaman

Zona nyaman bagi sebagian besar orang merupakan kenikmatan dan surga duniawi. Terlalu nyaman pada suatu kondisi tidak akan membawa kamu ke mana-mana. Kamu hanya akan menjadi individu yang stuck di satu tempat, sehingga kamu tidak akan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik.

2. Tidak menetapkan tujuan 

Hentikan kebiasaan hidup hanya untuk bernapas dan makan. Kamu harus bisa menentukan tujuan kamu agar langkah yang akan kamu pilih tidak salah. Dengan menentukan tujuan secara jelas dan spesifik, kamu akan menjalani hidup dengan arah jelas tidak asal jalan saja.

3. Janji pada diri sendiri yang diingkari

Jika kamu sering berjanji pada diri sendiri bahwa kamu akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik, tetapi ujung-ujungnya selalu mengulang kesalahan yang sama, hentikan kebiasaan ini sekarang juga. Kamu harus bisa membuktikan janji yang sudah kamu buat kepada dirimu sendiri. Jangan hanya membuat resolusi taun baru, lantas kemudian melupakannya begitu saja tanpa berusaha mewujudkannya.

4. Mudah terpengaruh

Salah satu kebiasaan yang sulit dihentikan adalah mudah terpengaruh. Ketika sedang belajar dengan serius, tiba-tiba ada pemberitahuan masuk ke ponsel, konsentrasi kamu langsung buyar. Cotoh lain, ketika sedang melihat diskon yang menggoda, kamu langsung membelinya padahal kamu sedang tidak memerlukan barang tersebut. Hentikan kebiasaan ini dengan belajar mengontrol keinginan diri.

5. Tidak tepat waktu

Kebiasaan jam karet bagi orang Indonesia seperti sudah mendarah daging. Janjian jam sepuluh, tiba ke tempat janjian satu jam kemudian. Hal ini hanya membuat kita menjadi orang yang tidak fleksibel dan hanya membuang-buang waktu. Kebiasaan tidak tepat waktu juga bisa mengurangi produktivitas kamu. kamu harus bisa menghargai waktu dengan sebaik mungkin.

6. Senang menunda

Kebiasaan terakhir yang pasti sering sekali dilakukan adalah kebiasaan menunda. Entah menunda mengerjakan tugas, menunda makan, menunda ke kamar kecil, serta menunda kegiatan lainnya. Ingatlah, kebiasaan ini hanya akan berdampak buruk. Kebiasaan menunda akan menjadikan kita pribadi yang tidak disiplin dan tidak teratur.

Itulah enam kebiasaan buruk yang sesegera mungkin harus kita hentikan. Jadikan momentum semangat awal tahun sebagai suntikan bagi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak