facebook

7 Keunggulan Facebook yang Membuatnya Tetap Eksis di Masyarakat

Mutami Matul Istiqomah
7 Keunggulan Facebook yang Membuatnya Tetap Eksis di Masyarakat
ilustrasi orang mengakses Facebook.[Pexels/Luca Sammarco]

Meskipun sudah banyak sosial media baru yang menjajahi masyarakat, namun Facebook tetap tidak kehilangan penggunanya. Nyatanya, Facebook memang memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh para pesaingnya. Ditambah lagi pengaruh orang-orang tua yang baru menggunakan smartphone, pasti selalu kepikiran untuk mengunduh aplikasi Facebook. 

Rasanya, meskipun kita mengunduh banyak aplikasi baru, Facebook tetap menjadi salah satu aplikasi yang dibuka setiap hari dan harus dimiliki. Meskipun hanya sekadar scrolling beranda, lalu ditutup lagi ketika memang tidak ada yang seru. Atau hanya membukanya ketika membutuhkan informasi tertentu. Sejumlah hal di bawah ini adalah salah faktor yang menyebabkan Facebook tetap eksis di kalangan masyarakat.

1. Hemat data dan daya baterai

Facebook merupakan salah satu aplikasi yang sangat hemat dalam menyedot data seluler. Bahkan, bisa diakses secara gratis dengan catatan tidak bisa menampilkan gambar/foto. Namun dengan demikian, Facebook tetap menjadi pilihan ketika seseorang sedang jenuh dan tidak memiliki paket data. Meskipun sekadar bisa membaca status orang-orang, namun bisa menjadi pengusir rasa bosan. Aplikasi lain tentu harus memiliki paket data yang cukup baru bisa menggunakannya, bukan? 

Daya baterai pun tergolong cukup awet jika digunakan untuk bermain Facebook saja. Karena sekarang banyak aplikasi yang baru digunakan sebentar, namun sudah menguras paket data dan daya batrai yang banyak.

2. Pergaulan

Pergaulan juga menjadi salah satu faktor yang mendukung Facebook tetap berjaya di kalangan masyarakat. Kenapa? Bayangkan saja ibu-ibu yang sehari-hari bergaul dengan ibu-ibu kompleks, PKK, grup senam, bapak-bapak yang biasa nongkrong di pos ronda, bapak-bapak yang suka badminton atau olahraga bareng-bareng, atau yang lainnya. Biasanya mereka menggunakan Facebook untuk memposting foto kegiatan ketika bersama-sama dan saling menandai satu sama lain. Dengan begitu, seseorang yang tidak memiliki Facebook tentu akan merasa ingin dan membutuhkan Facebook agar tidak ketinggalan update dari teman-temannya. 

Karena menjadi seseorang yang tidak bisa mengikuti pergaulan seringkali terasa menyakitkan. Mendengarkan teman bercerita sesuatu yang bahkan kita sendiri tidak tahu, terasa memilukan. Meskipun tidak semua orang merasa demikian, tapi ada sebagian orang yang merasakannya. Dengan begitu, segala cara ditempuh agar dirinya bisa tahu apa yang teman-temannya gunakan.

3. Mudah membuat grup

Facebook memiliki salah satu keunggulan yaitu mudahnya membuat grup dan tidak ada batasan jumlah orang yang boleh mengukutinya. Grup seperti jual beli, grup belajar masak, belajar parenting, belajar hias kue, belajar trading, belajar game online, grup desa/RT, info kontrakan, info lowongan kerja, info ini dan itu sangat disukai oleh masyarakat. Karena kemudahan tersebut sangat sulit didapatkan di aplikasi lain. 

Mungkin di aplikasi seperti WhatsApp, seseorang juga bisa membuat grup. Tapi yang bisa masuk di dalamnya hanyalah yang diundang oleh admin, pun dengan jumlah yang terbatas. Begitu juga di Instagram mungkin ada beberapa akun yang berisi informasi tentang sebuah info khusus, bisa melihatnya asal sudah follow. Tapi yang bisa memposting hanyalah admin. Orang lain hanya bisa berkomentar di kolom saja. Sedangkan di grup Facebook, semua orang bisa masuk dan andil dalam grup tersebut sehingga group Facebook terasa lebih seru dengan jangkauan yang lebih luas sehingga bisa mengakses banyak hal. Membuat grup di Facebook juga mudah, hal tersebut tentu juga memantik masyarakat untuk tetap menggunakan Facebook.

Selain memiliki kemudahan tersebut, grup Facebook juga memiliki sisi privasi yang bisa dipilih oleh pemakai grup tersebut. Misalnya, baru boleh bergabung jika sudah disetujui admin atau baru boleh memposting ketika sudah menjadi anggota dari grup tersebut. Sehingga pengguna dari grup tersebut tetap memiliki ranah privasi yang tidak bisa diotak-atik oleh orang lain.

4. Mudah untuk transaksi jual beli 

Keuntungan dari grup yang mudah diakses dan memiliki banyak jangkauan adalah memudahkan transaksi jual beli. Karena bisa dengan mudah membuat grup khusus jual beli X, atau jual beli X kota X, dan yang lainnya. Sehingga mudah mengelompokkan orang yang menjual sesuatu dengan seragam bahkan bisa mencari di kota sendiri. 

Misalnya grup jual beli HP bekas X(nama kota). Berarti grup tersebut adalah grup khusus untuk kegiatan jual beli di kota X. Seseorang yang tinggal di kota X dan ingin menjual/membeli HP bekas, bisa langsung mengunjungi grup tersebut. Hal ini tentu memudahkan karena bisa bertransaksi dengan orang sendiri. Tidak perlu dikirim online, menghindari penipuan dan barang rusak di jalan. Bahkan bisa menjalin silaturahmi dari satu orang ke orang lain. 

Selain dari grup, Facebook juga memiliki keunggulan dengan bisa memasang iklan. Hal tersebut tentu sangat bermanfaat bagi para pebisnis untuk menambah jangkauan pemasaran. Meskipun ada biaya yang dipatok oleh Facebook untuk setiap iklan dan waktu penayangannya, tapi hal tersebut tentu tetap memberikan dampak yang seimbang. 

Bahkan sekarang sudah tersedia fitur Market Place yang lebih memudahkan dalam bertransaksi dan menjangkau lebih banyak orang. Sehingga bertransaksi bisa dilakukan dengan berbagai daerah, uang dikirim dengan cara transfer dan barang dikirim melalui jasa ekspedisi. 

5. Mudah menyebarkan berita

Facebook juga seringkali memiliki fungsi untuk menyebarkan berita. Salah satunya, mencari info orang hilang. Karena satu postingan bisa dibagikan berkali-kali di laman pribadi maupun dari satu grup ke grup lain, dari grup satu daerah ke daerah lain. Hal tersebut tentu memudahkan seseorang yang tengah mencari orang lain. 

Selain info orang hilang, biasanya ada yang mencari saudara atau orang tua yang sudah puluhan tahun tidak bertemu. Parahnya lagi, banyak pula orang yang mencari orang lain karena ada sangkut pautan hutang yang tidak kunjung mendapatkan itikad baik. Seringkali ada orang yang menyebarkan foto seseorang dan cerita tentang pinjamannya yang tak kunjung dibayarkan. 

6. Banyak info lowongan kerja

Salah satu alasan orang masih menggunakan Facebook juga karena bisa mencari info lowongan kerja. Hal tersebut juga didapatkan melalui fitur grup. Biasanya akan ada grup info loker X (nama kota), sehingga orang-orang yang tidak ingin merantau bisa mengulik grup tersebut untuk mencari dan memantau lowongan kerja yang berada di daerahnya sendiri. 

7. Menyambung silaturahmi

Facebook membuka pertemanan kepada siapa saja. Orang-orang yang entah tinggal dimana bahkan berbeda negara, tetap bisa menjalin hubungan 'pertemanan' di media sosial.

Hal tersebut tentu membuat kita dengan mudah bisa menemukan orang yang sudah lama tidak bertemu hanya dengan sekadar mengetikkan namanya di kolom pencarian Facebook, lalu menelusuri foto profil nama-nama yang muncul dan disesuaikan dengan wajah teman/saudara yang sedang kita cari. Misalnya kita ingat teman kita saat SD dan sudah lama tidak saling berkomunikasi, lalu bisa kita temukan di Facebook dan kembali menjalin hubungan sebagai seorang teman, tentu hal ini bisa mengaitkan kembali tali silaturahmi yang sudah lama tidak terjalin. 

Nah itulah tujuh keunggulan Facebook yang membuatnya tetap eksis. Meskipun banyak aplikasi baru dengan versi yang lebih canggih, namun Facebook terus mengupdate fitur-fitur yang dimiliki sehingga tidak kalah bersaing. Apakah kamu masih sering mengakses Facebook?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak