facebook

5 Cara Menghadapi Orang yang Banyak Bicara, Tanamkan Empati

Nanik Writer
5 Cara Menghadapi Orang yang Banyak Bicara, Tanamkan Empati
Ilustrasi Pasangan Manipulatif. (freepik)

Terkadang saat kamu harus menghadapi orang yang banyak bicara, akan mengalami kewalahan dan kesulitan untuk untuk menghadapinya. Karena orang tersebut akan banyak bicara dan tidak akan mau mengerti kebenaran. Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa menghadapi tingkahnya?

1. Jangan remehkan dia

Terkadang, kita tidak akan sabar menghadapi orang yang banyak bicara dengan cara meremehkan dirinya dan menghinanya dengan berbagai ungkapan yang akhirnya semakin membuat mereka marah. Alih-alih menggunakan cara tersebut, kamu bisa menawarkan bantuan kepadanya terkait hal-hal yang tidak ia ketahui, dengan begitu kan menyadari bahwa dirinya memang kurang memahami suatu hal tersebut.

2. Cari tahu dan akui kelebihannya

Agar kamu tidak semakin gila karena memikirkan bagaimana cara menghadapi orang tersebut, kamu bisa mencari tahu apa saja kelebihan yang tersembunyi dari dirinya. Dengan begitu, kamu akan bisa berusaha untuk menghargai orang tersebut tanpa merendahkannya.

3. Tanamkan empati

Dalam menjalani hubungan sosial, kamu perlu menanamkan rasa empati untuk orang di sekelilingmu. Dengan begitu, kamu tidak akan lagi menghina kekurangan mereka dan akan berupaya untuk menjaga tutur kata dan perlakuanmu terhadap mereka. Kamu pun bisa menghindari menyinggung perasaan mereka.

4. Cukup pura-pura dengarkan saja

Jika dia berbicara banyak hal hanya untuk terlihat cerdas, kamu tak perl untuk mematahkan perkataannya. Cukup dengarkan dan biarkan sampai dia lelah dan berhenti bicara. Biarkan dia terus berbicara dengan ketidaktahuannya sampai dia benar-benar menunjukkan kebodohannya. 

5. Jangan beri dia panggung

Alih-alih menghabiskan waktu bersama orang yang banyak bicara, kamu bisa mencari kesibukan lain agar tidak perlu mengabaikan omong kosongnya. Kamu juga tak perlu membuat dia diam, cukup biarkan sampai orang lain menegurnya. Dengan begitu, orang tersebut akan merasakan malu atas sikapnya yang memalukan. Kamu pun tak perlu buang-buang banyak tenaga hanya untuk membuatnya sadar diri.

Demikian lima hal yang bisa kamu lakukan untuk menghadapi orang yang banyak bicara. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak