facebook

7 Hal yang Bisa Saja Menguras Energi dalam Menjalani Hidup

Nanik Writer
7 Hal yang Bisa Saja Menguras Energi dalam Menjalani Hidup
Illustrasi mawar layu (Pixabay/nanik)

Dalam menjalani hidup, ternyata ada saja hal-hal yang menguras energi kita. Mulai dari luka batin, trauma, kecemasan, hingga berada di tengah lingkungan yang toxic, tentu sangat melelahkan bukan? Yuk, kenali beberapa hal yang bisa menguras energimu agar kamu bisa mengantisipasinya dengan baik.

1. Trauma

Trauma akan sangat mengganggu keseharianmu dan tentunya menguras energimu. Trauma masa lalu akan membuatmu cemas, ketakutan, overthingking berlebih karena kamu akan terus terbayang-bayang hal-hal yang membuatmu ketakutan. Padahal, semua yang kamu pikirkan dan bayangkan belum tentu akan kejadian.

2. Luka batin

Bicara tentang luka batin, tidak akan ada habisnya bila kamu belum bisa sepenuhnya mengikhlaskan hal-hal yang menyakitkan dalam hidupmu. Perlu hati yang besar untuk bisa memaafkan semua hal menyakitkan dan orang-orang yang telah membuatmu terluka hingga hari ini. Memang tidaklah mudah dan akan sangat menguras energimu, tapi tak ada salahnya jika kamu berusaha berdamai dengan sendiri dan keadaan agar perasaanmu jauh lebih baik.

3. Overthinking masa depan

Terlalu mencemaskan masa depan yang belum terjadi akan membuatmu semakin terpuruk. Kamu bukannya lebih bersemangat, justru akan kehilangan banyak energi dan stagnan bila terus-menerus memikirkan hal-hal di masa depan yang belum pasti.

4. Kurang tidur

Tidak di sangkal lagi, kurang tidr akan benar-benar menguras energimu di pagi hari dan tentunya membuatmu menjadi murah marah. Kualitas tidur pun perlu kamu benahi agar mood bisa kembali menjadi lebih baik.

5. Lingkungan toxic

Segera mnjauhlah dari lingkungan yang toxic! Karena kamu tidak akan berkembang jika terus-menerus berada di lingkungan tersebut. Tempat dimana orang-orang tidak menghargaimu dan terus menguras energi positifmu. 

6. Insecure

Insecure tak akan pernah membuatmu menjadi lebih baik, justru hanya akan menjadikanmu semakin terpuruk. Alih-alih terus membandingkan dirimu dengan orang lain, kamu bisa meningkatkan kualitas diri dengan melakukan bergai hal yang kamu sukai.

7. Terjebak lingkaran setan kecemasan

Jika kamu terus-menerus terjebak dalam lingkaran seta kecemasan yang terus berulang, cobalah untuk pergi keluar jalan-jalan dan mencari sensasi baru dalam hidup. Kamu akann menemukan hal-hal yang dapat menghilangkan kecemasanmu dengan pandangan hidup yang baru.

Itu dia hal-hal yang dapat menguras energimu. Manfaatkan energi positifmu dengan menyalurkannya kepada hal-hal yang positif agar kamu tak menjadi terpuruk.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak