facebook

Perhatikan 4 Hal Ini Agar Kamu Tidak Salah Memilih Toner Wajah

win wngsh
Perhatikan 4 Hal Ini Agar Kamu Tidak Salah Memilih Toner Wajah
ilustrasi toner. (Unsplash.com/winingsih)

Kamu pasti sudah tahu bahwa toner menjadi salah satu rangkaian skincare yang penting untuk digunakan. Ada pun toner berfungsi untuk membersihkan kotoran berlebih, exfoliasi, menghidrasi, melembabkan kulit, dan menenangkan kulit. 

Sayangnya, masih banyak orang yang keliru dan belum paham bagaimana penggunaan toner yang baik dan benar. Penggunaan yang tidak tepat, dapat menyebabkan toner tidak memberikan reaksi apa pun atau justru malah merusak kulit. 

Untuk itu, ini adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum kamu memakai dan memilih jenis toner:

1. Perhatikan Kandungan Toner 

Sebelum memutuskan untuk memakai sebuah toner, yang wajib kamu lakukan adalah membaca komposisi dan kandungan apa saja yang ada di dalamnya.

Hindari toner yang mengandung alkohol. Kandungan alkohol cenderung membuat kulit menjadi sensitif, membuat kulit menjadi kering (dehidrasi), beresiko mengiritasi kulit, dan dapat merusak skin barrier

2. Perhatikan Cara Pemakaian 

Ada dua cara pemakaian toner yaitu dengan menggunakan kapas dan langsung diaplikasikan ke kulit menggunakan telapak tangan. 

Teknik pemakaian ini begantung pada fungsi toner. Jika toner yang kamu pakai hanya berfungsi untuk melembabkan dan menghidrasi kulit, cukup aplikasikan toner dengan telapak tangan kemudian "ditap-tap” agar toner lebih meresap.

Sedangkan toner yang berfungsi sebagai exfoliasi, pengaplikasiannya lebih dianjurkan untuk menggunakan kapas karena dapat membantu pengangkatan sel kulit mati lebih optimal. 

3. Penggunaan Produk Lain Setelah Toner 

Supaya kinerja toner lebih maksimal, perlu ada produk tambahan yang membantu untuk mengunci toner agar lebih menyerap pada kulit. Produk yang dapat digunakan adalah essence, serum, dan mosturizer. 

4. Perhatikan Urutan Penggunaan Toner 

Satu hal yang perlu diingat, toner tidak berfungsi menggantikan micellar water. Jadi kamu harus tetap melakukan double cleansing, yaaa. 

Urutan yang benar adalah bersihkan muka dengan micellar water, cuci muka, setelah itu aplikasikan toner, dan dilanjutkan dengan rangkaian skincare lainnya. 

Bagimana jika kamu menggunakan lebih dari satu jenis toner? Untuk menentukan urutan pemakainnya yaitu dengan melihat fungsi pada toner. Toner yang berfungsi sebagai exfoliasi dipakai pertama, lalu diikuiti dengan toner lain. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak