facebook

5 Terapi Ini Bisa Membantu Mempererat Hubungan Asmara, Kamu dan Pasangan Harus Tahu!

Habil Samsuri
5 Terapi Ini Bisa Membantu Mempererat Hubungan Asmara, Kamu dan Pasangan Harus Tahu!
Ilustrasi sepasang kekasih. (Pexels/AndreFurtado)

Dalam suatu hubungan asmara pasti terjadi masa naik-turun, seperti perbedaan pendapat dan menimbulkan kesalahpahaman, yang kerap kali memicu pertengkaran dengan pasangan. Selain itu, memiliki jadwal yang sibuk sehingga jarang sekali untuk bertemu juga bisa menjadi salah satu penyebannya. Kalau sudah begini, tandanya kamu dan pasangan membutuhkan terapi untuk mempererat hubungan asmara.

Kamu harus mengetahui penyebab dan penyelesaian dari semua permasalahan yang terjadi pada hubungan asmaramu. Salah satu kunci untuk menghindari permasalahan tersebut, yakni komunikasi. Namun, komunikasi saja tidaklah cukup, ada beberapa terapi pasangan yang wajib kamu lakukan. Merangkum dari Psychology Today, berikut lima terapi pasangan untuk mempererat hubungan asmara.

1. Berusaha Menjadi Pendengar yang Baik

Menjadi pendengar yang baik adalah salah satu terapi pasangan terbaik untuk meningkatkan komunikasi dalam suatu hubungan asmara. Jangan menjadi egois, yang hanya mau didengarkan saja. Jika ada persoalan, kamu juga harus mendengarkan dari sisi pasanganmu.

Selain itu, dengan kamu mendengarkan saja tanpa memberi respons dari cerita pasanganmu, itu akan membuat dia merasa kamu sangat peduli padanya. Boleh saja jika kamu ingin memberi tanggapan pada ceritanya, asalkan tidak menghakimi sehingga membuatnya tersinggung.

2. Biasakan Memberi Apresiasi

Memahami apa yang membuat pasangan kamu merasa paling dihargai termasuk langkah terapi pasangan ke arah yang benar. Salah satunya mengekspresikan apresiasi pada pasanganmu. Dalam bentuk apa pun, mulai dari hal-hal kecil sampai yang istimewa pun bisa dilakukan.

Ketika kamu mengakui apa yang pasanganmu lakukan, itu sudah cukup untuk membuat hubungan menjadi lebih hangat. Kamu bisa mengapresiasi suatu hal yang dilakukan pasanganmu pada saat penghujung hari. Tentang semua yang dia lakukan selama satu hari itu, yang wajib kamu syukuri.

3. Luangkan Waktu untuk Percakapan Penting

Jika ingin membicarakan hal yang penting atau sensitif terkait hubungan asmaramu dan pasangan, segera tentukan waktu agar bisa membahasnya. Oleh karena itu, kamu bisa pertimbangkan untuk menyisihkan pertemuan mingguan selama satu jam untuk mengeksplorasi ide atau masalah hubungan dan topik hangat lainnya. 

Dengan menyisihkan waktu mingguan untuk bertemu juga memberikan waktu dan ruang bagi setiap pasangan guna merenungkan pengalaman dan pendapat mereka. Jangan lupa, pilih waktu ketika kamu dan pasangan memiliki kondisi mental dan emosional yang siap saat ingin melakukan pertemuan. 

4. Hindari Ponsel Saat Sedang Bersama

Di zaman sekarang, sebagian besar dari kita menghabiskan terlalu banyak waktu di ponsel. Kamu bahkan mungkin tidak sepenuhnya menyadari berapa jam yang dihabiskan untuk melihat layar ponsel saat tengah bertemu dengan pasangan atau orang lain.  Hal-hal kecil seperti ini dapat memicu permasalahan yang besar dalam hubungan asmara, lho. Sebab, sikap seperti itu sama dengan tidak menghargai waktu temu atau lawan bicaramu.

Jika tindakan tersebut tetap kamu pertahankan, jangan heran jika pasanganmu merasa tidak dihargai atau bahkan berasumsi bahwa kamu sedang berbagi pesan dengan orang lain, yang dianggapnya sebagai orang ketiga dalam hubungan kalian.

Jika kamu jarang bertemu, manfaatkanlah momen berdua dengan pasanganmu tanpa fokus ke hal lain. Oleh karena itu, menghindari ponsel saat sedang bersama bisa menjadi terapi untuk mempererat hubungan asmara.

5. Ingatlah untuk Bersenang-senang

Mungkin hubungan asmara kamu tidak seromantis dulu, tetapi tetap penting diingat untuk meluangkan waktu bersenang-senang berasama pasangan. Kamu bisa melakukan hal favorit yang biasa dilakukan bersama pasanganmu, seperti traveling, nonton bioskop, ataupun menjelajahi kuliner. Dengan begitu, kamu dapat menghangatkan kembali hubungan asmara yang mungkin sebelumnya sempat kacau akibat pertengkaran.

Demikian lima terapi yang bisa kamu lakukan dengan pasanganmu untuk mempererat suatu hubungan asmara. Kelima cara tersebut bisa kamu lakukan dengan tetap memerhatikan kondisi dan waktu yang tepat. Selamat mencoba dan semoga langgeng terus, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak