facebook

5 Bentuk Menghargai Pasangan dalam Rumah Tangga yang Wajib Kamu Ketahui

Mutami Matul Istiqomah
5 Bentuk Menghargai Pasangan dalam Rumah Tangga yang Wajib Kamu Ketahui
Ilustrasi suami istri (Pexels/GaryBarnes)

Hidup akan berjalan dengan baik jika satu manusia dengan manusia lain bisa saling menghargai, terutama dalam lingkup terkecil seperti keluarga dan rumah tangga. Sepasang suami istri harus bisa saling menghargai agar rumah tangga yang dijalini tetap hangat dan harmonis. 

Banyak orang yang merasa tidak dihargai cenderung akan lebih mudah tersulut emosi, pertengkaran pun terjadi, perpisahan tidak bisa dihindari. Hanya karena satu hal, merasa tidak dihargai. Jadi, saling menghargai itu sangat diperlukan. 

Nah, di bawah ini ada lima bentuk sikap saling menghargai untuk pasangan suami istri dalam rumah tangga.

1. Saling memuji

Sebagian orang merasa bahwa saling memuji hanyalah rayuan gombal yang kerap kali menjadi senjata kawula muda kala ada maunya. Padahal, saling memuji adalah bentuk saling menghargai sesama manusia yang paling sederhana. 

Saat melihat istri tersenyum, pujilah bahwa ia terlihat cantik, atau saat suami bekerja keras, pujilah bahwa ia adalah idola keluarga. Tidak mengapa jika sekadar mendapat jawaban "halah, gombal!" atau "Mau apa, nih?." Abaikan saja, yang penting niat kita dalam hati adalah untuk menghargai pasangan yang telah menemani setiap hari dan melewati segala kondisi dalam rumah tangga. 

2. Ucapkan rasa terima kasih

Jangan pernah malu untuk mengucapkan terima kasih dengan hal sekecil apa pun. Mengucap terima kasih akan langsung membuat pasangan merasa dihargai atas apa yang telah ia lakukan. Jangan gengsi, ya!

Saat pasangan menyiapkan makan, saat kamu dan pasangan saling membantu, saat telah berhasil melewati masa-masa sulit bersama-sama, saling menggenggam tangan dan ucapkanlah terima kasih.

Kamu perlu memahami, jika bukan pasanganmu yang berada disampingmu, belum tentu kamu akan mendapatkan apa yang kamu dapatkan ketika bersamanya. Tentu, kamu dan pasangan sama lelahnya, sama berjuangnya, jadi harus sama-sama berterima kasih meski sudah berumah tangga dan sangat mengenal satu sama lain sekalipun.

3. Menjadi 'teman' dalam segala hal

Kamu dan pasangan tentu adalah dua manusia yang berbeda. Namun dalam setiap perbedaan itu, tidak boleh saling beradu ego. Kamu dan pasangan harus menjadi teman. Tetap ada rasa saling menghargai dan menghormati, tapi tetap terasa nyaman. 

Lelaki dan perempuan adalah setara, tidak ada yang harus terus menang maupun terus mengalah. Kamu dan pasangan, seharusnya mencari kebenaran bersama-sama, bukan beradu siapa yang benar. Itulah sebab kenapa kamu dan pasangan tetap harus memiliki rasa sebagai seorang teman. Teman ketika menangis, bahagia, sedih, bercerita, bekerja, begadang, dan lain sebagainya. 

Dengan membangun pertemanan yang baik dengan pasangan, kamu bisa bekerja sama dengan baik pula untuk membawa bahtera rumah tangga agar selalu bahagia. 

4. Menerima seutuhnya

Bentuk menghargai paling indah adalah dengan menerima pasangan seutuhnya. Menerimanya dengan apa yang menjadi kesenangan dan pantangannya, suka dan dukanya, baik dan buruknya, dalam dan luarnya, dan sebagainya. 

Menerima pasangan secara utuh, membuat kita merasa cukup dengan apa yang pasangan kita miliki. Tidak ada hal lain yang dicari, semuanya terasa lengkap. Dengan begitu, kita tidak perlu menuntut pasangan untuk menjadi seperti X/Y, karena kita mencintai pasangan dengan segala yang ada pada dirinya. 

5. Menjaga kesetiaan

Menjaga kesetiaan termasuk salah satu bentuk menghargai pasangan, baik dalam rumah tangga maupun dalam hal apa pun. Sebagian orang yang memiliki sedikit masalah dalam rumah tangganya tidak jarang untuk buru-buru mencari orang lain yang bisa membuatnya bisa melampiaskan perasaannya. Padahal ketika ada masalah, kamu tidak perlu mencari orang lain karena yang seharusnya dicari adalah solusi dari masalah tersebut. 

Pasangan yang tetap menjaga kesetiaan seperti apa pun kondisi rumah tangga yang sedang dijalani, sejauh apa pun jarak dengan pasangan membatasi, sebebas apa pun waktu memberi peluang, namun tetap kokoh untuk menjaga rumah tangganya, adalah pasangan yang tidak bisa diragukan lagi dalam menghargai pasangannya. 

Nah, itu dia lima bentuk menghargai pasangan dalam rumah tangga yang harus kamu ketahui. Semoga hubungan kamu dan pasangan selalu bahagia dan harmonis, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak