facebook

Menarik, 2 Olahan Pisang dapat Dijadikan Ide Bisnis Pada Masa Pandemi

maylivia josephine
Menarik, 2 Olahan Pisang dapat Dijadikan Ide Bisnis Pada Masa Pandemi
Ilustrasi Pisang. (pexel.com/mayliviarut)

Ide bisnis bisa datang dari mana saja dan dari bahan apa saja. Salah satunya pisang, pisang bisa menjadi solusi jika ingin berjualan makanan yang murah dan simple serta disukai banyak orang. Hal ini bisa menjadi peluang yang besar untuk berjualan di masa pandemi saat ini.

Berikut, olahan pisang yang bisa dijadikan ide bisnis berjualan di masa pandemi:

1. Banana Roll

Banana roll. (cookpad.com/titi kusuma)
Banana roll. (cookpad.com/titi kusuma)

Banana roll merupakan salah satu olahan pisang yang terbuat dari kulit lumpia dan pisang. Saat ini banana roll sedang viral di TikTok karena makanan yang mirip sebelumnya adalah keju aroma juga viral dan orang-orang pun mulai mencoba membuat makanan ini. Ide bisnis ini bisa meraup untung yang banyak. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya yaitu kulit lumpia, pisang, keju, coklat, tepung terigu, dan minyak goreng.

Cara membuatnya pun sangat mudah:

a. Siapkan kulit lumpia, ambil pisang dan letakkan di atas kulit lumpia.

b. Lalu, taruh keju ke dalam kulit lumpia tadi bersama pisang.

c. Ambil mangkuk, masukkan tepung terigu dan tambahkan sedikit air. Adonan tepung terigu ini berfungsi sebagai lem untuk merekatkan kulit lumpia.

d. Setelah itu, gulung kulit lumpia dan untuk mengencangkan ujung kulit lumpia gunakan adonan tepung tadi.

e. Lanjutkan hingga semua bahan habis, setelah itu siapkan wajan serta panaskan minyak goreng. Masukkan banana roll ke dalam wajan dan goreng hingga warna kecoklatan.

f.  Sesudah berubah warna, angkat dan tiriskan. Akhirnya, banana roll pun siap disajikan. Selanjutnya beri topping lelehan coklat batangan dan letakkan banana roll dalam kemasan yang cantik. Banana roll siap dijual ke pasaran.

2. Pisang Nugget

Pisang nugget. (cookpad.com/fauziah nur)
Pisang nugget. (cookpad.com/fauziah nur)

Olahan pisang yang satu ini sudah ada sejak dari lama dan peluang untuk berjualan saat ini masih ada. Pisang nugget sampai saat ini masih digemari dan dicari oleh banyak orang. Pisang nugget dapat dijadikan frozen food dan pembeli dapat menggorengnya sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuatnya yaitu pisang (kepok/ambon/raja), tepung panir, telur, tepung terigu, gula pasir, susu bubuk, topping (cokelat, keju, glaze).

Cara membuatnya sebagai berikut:

a. Kupas dan haluskan pisang, bisa dengan menggunakan blender maupun ulekan atau sendok.

b. Tambahkan bahan yang tersisa seperti telur, tepung terigu, gula pasir, susu bubuk lalu aduk hingga tercampur rata.

c. Kemudian tuang ke dalam loyang. Siapkan dandang atau pengukus dan panaskan. Setelah panas, masukkan loyang ke dalam pengukus lalu kukus kurang lebih selama 20 menit.

d. Setelah 20 menit, angkat adonan pisang nugget yang sudah matang. Tunggu hingga dingin kemudian potong-potong menjadi segi empat sesuai selera.

e. Siapkan tepung panir, adonan tepung terigu untuk lapisan pisang nugget. Ambil pisang nugget kemudian celupkan ke dalam adonan tepung terigu lalu balurkan ke dalam tepung panir. Ulangi langkah tersebut hingga pisang nugget habis.

f. Siapkan wajan dan panaskan minyak. Masukkan pisang nugget ke dalam wajan dan goreng hingga warna kecoklatan. Setelah matang, angkat dan tiriskan. Bungkus dalam kemasan, lalu siram dengan topping (coklat/keju parut/glaze) dan pisang nugget siap dijual.

g. Atau jika ingin dibuat pisang nugget frozen food, pisang nugget yang sudah dibaluri dengan tepung terigu dan tepung panir kemas dalam plastik kedap udara dan simpan dalam kulkas atau freezer. Frozen food pisang nugget pun siap dijual.

Itu tadi merupakan olahan pisang yang bisa dijadikan ide bisnis berjualan di masa pandemi. Masa pandemi saat ini harus pintar-pintar mencari peluang untuk menghasilkan uang. Olahan pisang bisa dijadikan solusi untuk menghasilkan uang. Yuk, coba buat dan jual!

Sumber: cookpad.com

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak