facebook

Sedang Dilanda Rasa Hampa? Simak 7 Tips Ini untuk Mengatasinya

Desy Putrisari
Sedang Dilanda Rasa Hampa? Simak 7 Tips Ini untuk Mengatasinya
Laki-laki yang memandang kosong (pixabay.com/@stocksnap)

Tidak sedikit orang yang pernah merasakan perasaan hampa di dalam dirinya. Datangnya rasa hampa pun terkadang tidak diketahui penyebabnya. Oleh sebab itu, ketika kita sedang merasakan perasaan hampa ini kita perlu berusaha untuk mencari penyebabnya. Ketika kita telah menyadari penyebabnya kita bisa mencari solusi yang tepat untuk mengatasi rasa hampa yang sedang kita rasakan. Namun sambil mencari solusi yang tepat, kita juga dapat mencoba hal-hal berikut untuk membantu diri kita agar cepat keluar dari perasaan hampa tersebut.

1. Bergabung dalam Komunitas

Perasaan hampa yang kita rasakan seringkali membuat seseorang menarik diri dari lingkungan sosial. Padahal dengan berinteraksi dalam komunitas, kita akan memiliki kesempatan memiliki ruang untuk saling bercerita dan bertukar pendapat. Kita juga bisa berbagi perasaan yang sedang kita rasakan dengan orang lain. Banyak orang pasti pernah mengalami perasaan hampa ini, dengan berbagi perasaan yang sedang kita rasakan, pastinya akan memberi bantuan pada kita untuk menyadari bahwa kita tidak sendirian merasakan perasaan hampa tersebut. Berbagi rasa hampa yang kamu miliki dengan orang lain, mungkin dapat membuatmu lebih bersemangat untuk bisa melaluinya karena kita akan tahu bahwa kita tidak sendiri.

2. Mengikuti Acara Sosial

Rasa hampa juga bisa disebabkan karena kurangnya perasaan berharga di dalam diri. Mungkin kita sering merasa bahwa keberadaan diri kita di sekitar orang lain kurang dihargai oleh mereka. Hal-hal seperti itu dapat menjadi penyebab kehampaan yang sedang kita alami sehingga hati kita merasa sepi di tengah keramaian. Untuk menggeser atau mengubah sudut pandang terhadap diri sendiri yang merasa kurang berharga, kita dapat mencoba untuk melihat orang-orang di sekitar kita yang masih kurang beruntung dibandingkan diri kita. Kita bisa mencoba mengunjungi panti asuhan, panti jompo, rumah sakit, atau melihat keadaan di sekitar kita. Mencoba memberikan bantuan yang bisa kita lakukan untuk mereka. Mungkin hal-hal tersebut akan membantu kita menyadari bahwa kehadiran diri kita bagi mereka memberikan makna.

3. Menenangkan Diri

Menenangkan diri merupakan cara yang digunakan untuk menyelesaikan banyak masalah. Kita bisa mencoba dengan meditasi, beribadah, dan berdoa. Menenangkan diri adalah cara kita untuk menganalisis keadaan atau kondisi yang sedang kita alami dan mencoba untuk menerimanya. Berdoa dan meditasi dapat menjauhkan kita dari rasa stres dan depresi. Dengan menenangkan diri, harapannya hati kita akan lebih nyaman sehingga menguatkan diri kita agar dapat menemukan jalan keluar dari masa-masa sulit yang sedang dihadapi.

4. Menjaga Kesehatan dengan Rutin Berolahraga

Sejak lama, olahraga menjadi salah satu cara yang sudah terbukti dapat mengeluarkan hormon positif dalam tubuh seperti serotonin, dopamine, dan endorphin yang akan membuat perasaan hati kita menjadi lebih baik dan bersemangat. Oleh karena itu, dengan berolahraga secara rutin kita bisa mendapatkan energi positif untuk membantu kita dalam menghadapi perasaan hampa.

5. Menyadari Tujuan Hidup

Mungkin tujuan hidup merupakan hal klise yang sering dibahas di mana-mana. Terkadang ketika kita kehilangan pegangan atau tujuan dalam hidup, kita cenderung tidak bersemangat dalam menggapai suatu hal dalam hidup ini. Gairah untuk memperoleh suatu pencapaian hidup menjadi tipis. Perasaan hampa yang hadir bisa jadi menandakan bahwa kita sedang kehilangan makna dalam hidup ini untuk memenuhi jiwa kita. Adanya tujuan hidup akan memberikan makna bagimu untuk terus memiliki gairah dalam menjalani setiap langkah kehidupan kita.

6. Meningkatkan Kemampuan

Lakukanlah pekerjaanmu dengan semaksimal mungkin, jadilah seseorang yang berusaha sebaik yang kita mampu untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan. Berusahalah yang terbaik dalam setiap pekerjaan yang sedang kita lakukan. Usahakan kemampuan yang kamu miliki dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan itu. Kita juga bisa melakukan hobi yang kita minati disela-sela pekerjaan kita.

7. Jangan Sungkan untuk Pergi ke Psikolog

Setelah kita mencoba berbagai macam cara untuk mengatasi kehampaan semampu kita, namun hal-hal yang telah kita coba belum berhasil, kita masih memiliki kesempatan untuk meminta bantuan dari psikolog untuk mengatasinya. Jangan merasa malu untuk datang ke psikolog. Tidak ada salahnya kita meminta bantuan ahli demi memperoleh kualitas hidup yang baik.

Jangan merasa sendiri, di luar sana masih banyak yang mengalami perasaan hampa. Beruntung bagi kita yang mampu menyadarinya dan memiliki perhatian lebih tentang kondisi yang sedang kita alami dan peduli dengan kesehatan mental diri kita. Tidak ada salahnya belajar tentang kesehatan mental demi mendapatkan perasaan yang nyaman dalam hati. 

Itulah tujuh tips yang bisa kamu coba lakukan untuk membantumu mengatasi perasaan hampa yang sedang kamu alami. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak