facebook

4 Alasan Sebaiknya Kamu Jangan Menghakimi Pilihan Hidup Orang Lain

Rizki Putra
4 Alasan Sebaiknya Kamu Jangan Menghakimi Pilihan Hidup Orang Lain
Ilustrasi berdebat.[pexels.com/Alex Green]

Pasti semua orang telah melakukan banyak pilihan hidup yang dia pilih. mulai dari pilihan yang sederhana, hingga pilihan krusial selama di hidupnya. Tentunya semua orang juga ingin memiliki pilihan yang tepat untuk memperoleh kebahagiaan semasa hidupnya.

Sering juga melihat orang-orang di sekitar kita sedang membuat pilihan untuk hidupnya. Namun sayangnya, kerap kali kita menganggap pilihan orang lain tersebut terasa aneh untuk diterima oleh diri kita. Tapi, jangan sampai kamu menghujat atas pilihan yang dia mau, ya! Maka dari itu, ini dia beberapa alasannya yang wajib kamu ketahui di bawah ini.

1. Pilihan yang cocok untukmu, belum tentu cocok juga bagi orang lain

Kita semua sadar bahwa setiap orang berbeda. Entah dari sisi pola pikir, latar belakang, kondisi ekonomi dan lainnya. Karena hal tersebut, setiap orang memiliki pilihannya masing-masing.

Maka dari itu, pilihan yang kamu anggap cocok belum tentu akan cocok juga bagi orang lain. Sebab, kondisi seseorang pasti berbeda-beda.

2. Cara mendapatkan kebahagiaan setiap orang berbeda-beda

Bukan hanya dari kondisi kehidupan seseorang, namun soal cara pandang kebahagiaan pun bisa berbeda. Misalnya saja kamu lebih memilih bekerja sesuai passion untuk bisa hidup bahagia. Namun, jangan sampai menghakimi pekerjaan orang lain yang bukan sesuai minatnya, ya.

Sebab, tujuan hidup orang lain berbeda-beda. Mungkin saja dia harus melakukannya untuk dapat membahagiakan keluarganya. Maka dari itu, jangan sama ratakan standar dan kondisi hidup setiap orang.

3. Hujatanmu justru bisa membuat orang lain mengambil jalan yang tidak cocok untuknya

Meskipun kamu tidak menyadari bahwa hujatanmu itu dapat berpengaruh padanya, tentu kemungkinan bisa membuatnya merasa tidak percaya diri atas pilihannya. Alhasil, dia bisa saja menuruti apa yang kamu anggap benar.

Jika hal tersebut cocok untuknya, maka tidak jadi masalah. Namun kalau sebaliknya, pasti akan jadi bumerang baginya. Kalau sudah seperti itu, apakah kamu bersedia untuk bertanggung jawab? Maka dari itu, biarkan orang lain memilih keputusannya sendiri yang menurut dia cocok untuknya.

4. Bisa jadi pilihan hidupmu yang salah

Pastinya kita pernah memilih pilihan hidup yang salah, sebab manusia memang tidak ada yang sempurna. Pilihan hidup yang salah ketika apa yang kamu pilih tidak menjadikanmu bahagia, justru membuatmu jadi sengsara.

Itu terjadi karena kita tidak tahu mana pilihan yang salah maupun benar. Hal tersebutlah yang menjadi alasan mengapa kamu jangan menghakimi pilihan hidup orang lain. Bisa jadi pilihan hidup orang lain lah yang benar, sedang yang kita pilih salah.

Memang kita berhak untuk memberikan saran yang membangun atas pilihan hidup orang lain. Namun, jangan sesekali menghujat atau menghakimi apa yang orang lain pilih dalam hidupnya, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak