facebook

Sering Overthinking, Ini 5 Tanda Kamu sedang Tidak Baik-baik Saja

Nanik Writer
Sering Overthinking, Ini 5 Tanda Kamu sedang Tidak Baik-baik Saja
Ilustrasi lelah (Pixabay.com/HaticeEROL)

Apakah kamu merasa hari-hari yang kamu jalani semakin melelahkan? Semakin membuat kamu tertekan, merasa dunia sedang kelewatan bercandanya dan membuat kamu ingin menghilang dari dunia yang menuntutmu menjadi dewasa.

Semakin banyak tanggung jawab yang harus kamu pikul, semakin banyak mimpi dan cita-cita yang terkubur termakan waktu. Semakin banyak harapan yang dikecewakan oleh keadaan, dan semakin banyak air mata yang kamu kucurkan tiap harinya.

Kamu mungkin semakin terpuruk dengan keadaan yang membuatmu kebingungan untuk bersikap dan menentukan arah. Yuk, istirahat sejenak, tampaknya kamu lelah. Mungkin kamu terlalu memaksakan diri, kamu perlu istirahat sebentar agar kamu bisa memprogram ulang pikiranmu yang mulai usang. 

Cobalah duduk dengan tenang dan pejamkan mata, lalu lakukan evaluasi atas apapun yang telah kamu lalui sejauh ini. Cobalah jujur dan akui hal-hal berikut ini yang mungkin sedang kamu alami dan menjadi beberapa tanda bahwa kamu memang sedang tidak baik-baik saja.

1. Sensitif

Tanda pertama yang harus kamu evaluasi adalah apakah kamu menjadi sering mellow, mudah tersinggung dan tersulut emosi, mudah patah hati, dan mudah menangis untuk berbagai hal sederhana yang kamu alami setiap harinya. Jika iya, tolong jujur pada diri sendiri dan akui bahwa kamu memang mengalaminya. Enggak apa-apa, istirahat dulu sejenak ya.

2. Hilang semangat

Jika kamu adalah orang yang terbiasa berapi-api dan memiliki semangat kuat dalam menjalani hari, tetapi akhir-akhir ini menjadi malas dan kehilangan minat beraktivitas, mungkin kamu memang sedang lelah. Kamu mungkin merasa berat bangun pagi dan menyesal setelahnya. 

3. Menutup diri dari pergaulan

Kamu mungkin merasa sendirian, merasa hanya memiliki diri sendiri yang bisa diandalkan dan tak mengecewakanmu. Bagimu orang lain tidak bisa memahami perasaan dan keadaanmu dan mengacuhkan kamu begitu saja. Persahabatan yang paling erat pun ternyata sudah renggang dan tak lagi memiliki empati satu sama lain. 

Kamu benar-benar merasa sendirian menjalani hari-hari yang semakin konyol untuk dijalani ini. Memiliki hubungan dengan orang lain terasa menyakitkan dan membuat kamu memilih menjauh untuk merasa lebih baik.

Tidak apa-apa, akui saja jika memang benar. Kamu hanya sedang lelah mental, tak ada salahnya jika kamu mengakui dan menerima kenyataan itu.

4. Overthinking 

Semakin dewasa semakin kamu mengumbar pemikiran yang tak pasti kebenarannya, atau malah justru tidak benar sama sekali. Kamu semakin mencemaskan banyak hal termasuk hal-hal kecil sampai pada hal besar di masa depan. Kamu menjadi susah tidur dan kepala terasa pening dengan bayangan ruwetnya masa depan. 

5. Self-Hate

Lelah dengan level tinggi adalah ketika kamu telah membenci dirimu sendiri dan selalu menyalahkan dirimu sendiri atas berbagai hal yang kamu alami. Kamu frustrasi dengan dirimu sendiri karena melakukan hal yang salah atau apapun itu. Tapi, percayalah kamu tidak perlu membenci dirimu, karena kamu sudah terlampau hebat karena sudah kuat berjuang sampai hari ini.

Sadari, akui, dan terimalah lima hal di atas jika memang kamu benar-benar merasakannya. Kamu tak perlu berbohong pada diri sendiri hanya untuk terlihat kuat. Kamu akan jauh lebih kuat ketika kamu bisa mengakui dan menerimanya. Istirahatlah sejenak, kamu perlu healing agar kepalamu tak lagi pening. 

Tidak apa-apa jika kamu lelah, kamu juga manusia yang perlu istirahat dan menikmati indahnya dunia. Tak perlu terlalu memaksakan diri ya, jangan lupa tersenyum dan tetap semangat ya kamu!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak