facebook

5 Alasan Orang Nyinyir, Abaikan Saja dan Tetap Fokus

Nanik Writer
5 Alasan Orang Nyinyir, Abaikan Saja dan Tetap Fokus
Ilustrasi nyinyir (freepik/katemangostar).

Seringkali kamu mungkin merasa lelah dengan temanmu yang nyinyir. Dengan berbagai topik dia bisa memberikan kritik yang seringkali membuat kamu tersinggung. Apalagi jika kamu sudah berusaha sekuat mungkin untuk bertumbuh dan produktif setiap harinya, namun tiba-tiba dia mengkritikmu yang bukan-bukan. Tentu kamu akan jengkel bukan? Level parahnya kamu bisa terganggu dan mengalami overthinking yang akhirnya mengganggu produktivitas dan hubungan sosialmu.

Alih-alih terus menerus memikirkan kritikan yang tidak membangun dan justru menjatuhkanmu, cobalah untuk mengevaluasi dirimu sendiri. Apakah yang ia katakan adalah kebenaran atau justru hanya kritikan yang menjatuhkanmu semata. 

Jika kamu sudah melakukan yang terbaik namun masih saja mereka mengkritikmu, waspada saja jika mereka hanya iri dengan pencapaianmu! Berikut beberapa alasan temanmu suka nyinyir dengan pencapaianmu:

1. Iri

Tak bisa dipungkiri, segudang prestasi dan pencapaian karena usaha kerasmu akhirnya tak hanya membuatmu senang, tetapi juga mengundang rasa iri bagi orang lain. Orang yang merasa dirinya tidak mampu melakukan hal-hal hebat sepertimu tentu akan merasa iri dan akhirnya melontarkan kritikan tak berdasar hanya untuk menjatuhkanmu. Dengan begitu, mereka akan mencari kesempatan untuk mengunggulimu walau hal itu hanya sia-sia.

2. Merasa kalah saing denganmu

Orang yang merasa dirinya kalah bersaing dengan pencapaianmu tentu akan melakukan segala cara untuk membuatmu jatuh dan terpuruk, salah satunya dengan suka memberikan komentar negatif padamu. Orang-orang seperti ini tidak akan pernah mengakui kekurangannya justru semakin berusaha merebut kebahagiaan orang lain.

3. Mencari perhatian darimu

Orang-orang yang kurang produktif dan menghabiskan banyak waktunya untuk tidur, shopping, bermain ponsel, dan menyia-nyiakan waktu akan merasa suntuk. Dengan begitu mereka yang melihatmu sibuk berkembang akan memiliki keinginan untuk mengajakmu menghabiskan waktu dengannya. Karena kamu memilih fokus pada pertumbuhanmu, mereka pun akan memberikan komentar negatif sebagai respon atas kesepian dan ketidakberdayaannya.

4. Tipe pengendali

Orang dengan tipe ini suka mengendalikan orang lain agar selalu menurut dengan perintahnya dan melakukan semua keinginannya. Orang seperti umumnya akan bersikap mendominasi sehingga merasa harus di dengarkan dan diperhatikan.

5. Merasa terancam

Orang yang tidak memiliki kemampuan mumpuni umumnya akan merasa insecure dengan pencapaian orang lain. Ketika dia melihat perkembanganmu, mereka merasa terancam posisinya atau popularitasnya di tengah teman-teman lain. Orang ini pun akhirnya berusaha mengatasi rasa terancamnya tersebut dengan memberikan komentar negatif padamu agar kamu menyerah.

Itulah lima alasan mengapa temanmu suka memberikan komentar negatif atau nyinyir kepadamu. Jangan pedulikan mereka dan teruslah berkembang dengan caramu agar kamu semakin produktif dan sukses. Ingat, kamu harus menjadi lebih baik dari dirimu yang kemarin dan terus bertumbuh menjadi lebih baik. Jadi, tak perlu mempedulikan komentar orang lain yang tidak ingin kamu maju!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak