facebook

3 Akibat jika Terlalu Bergantung pada Orang Lain, Jangan Lakukan!

Sunatus Solikhah
3 Akibat jika Terlalu Bergantung pada Orang Lain, Jangan Lakukan!
Ilustrasi kecewa (Pexels/Mart Production)

Jangan terlalu bergantung pada orang lain karena akan berdampak buruk terhadapmu. Dalam hidup, kita memang membutuhkan bantuan orang lain. Namun, meminta bantuan sewajarnya saja, bila memang memerlukan.

Ketergantungan ini bila dituruti akan membuatmu semakin tidak yakin dengan kemampuan yang kamu miliki. Bagaimana bisa? Karena apapun yang kamu lakukan harus atas persetujuan mereka.

Dalam hidup kita harus berusaha berpijak di atas kaki sendiri. Tak selamanya mereka akan selalu bisa membantu kita. Bagaimana jika kelak tidak bisa membantu?

Bukankah malah akan membuatmu semakin tak berdaya karena merasa tak mampu mengatasinya? Sebab, tiada lagi yang bisa diandalkan. Inilah 3 akibat yang bisa menimpamu jika terlalu bergantung pada orang lain:

1. Menjadi Tidak Mandiri

Terlalu bergantung akan membuatmu menjadi pribadi tidak mandiri. Dunia ini keras, penuh tantangan dan hambatan. Bagaimana caramu menghadapi jika mandiri saja tidak bisa?

Jangan sampai hal-hal sepele saja kamu gantungkan pada orang lain. Hal ini akan menjadi kebiasaan buruk jika dalam jangka panjang. Akan lebih banyak ujian hidup di depan, sehingga mandiri diperlukan.

2. Tidak Memiliki Rasa Tanggung Jawab

Akibat bergantung pada orang lain berikutnya yaitu menjadi tidak memiliki rasa tanggung jawab. Padahal setiap individu itu harus bertanggung jawab atas dirinya sendiri.

Bila bergantung, yang terjadi adalah tanggung jawab dilimpahkan ke orang lain. Sedangkan mereka  juga mempunyai tanggung jawabnya sendiri yang lebih penting.

3. Rentan Merasa Kecewa

Dampak terakhir yaitu rentan merasa kecewa. Terutama ketika bantuan yang diberikan tak sesuai ekspektasi. Akan merasa kecewa juga bila meminta bantuan, tapi pihak lain tidak menyanggupi.

Bukankah mereka memang bukan penanggung jawab atas masalahmu? Lalu kenapa kecewa? Mereka juga memiliki hak untuk tidak memberikan bantuan bukan? Kita tidak pernah tahu apa yang orang lain alami.

Mungkin ada hal lain lebih urgen untuk ditangani, sehingga tidak bisa memberikan bantuan. Atau memang tidak menguasai bidang tersebut. Hargai apa yang orang lain sudah lakukan dan terima keputusannya. 

Jangan sampai hanya karena keegoisanmu akhirnya merepotkan dan merugikan mereka. Meminta bantuan bukanlah masalah, tapi hindari ketergantungan. Tidak semua orang nyaman ketika dijadikan sandaran ketergantungan.

Akan lebih baik jika apapun yang dilakukan itu sesuai porsi. Bukan berarti sama sekali tidak meminta bantuan padahal sangat membutuhkan. Hanya saja, jangan berlebihan bergantung pada orang lain, karena semuanya kelak akan kembali ke tanggung jawab masing-masing.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak