facebook

Mahasiswa Wajib Tahu! 5 Tips Menghadapi Semester Baru Setelah Libur Panjang

Habil Samsuri
Mahasiswa Wajib Tahu! 5 Tips Menghadapi Semester Baru Setelah Libur Panjang
Ilustrasi dua mahasiswa sedang belajar (Pexels/Keira Burton)

Libur semester adalah bagian menyenangkan dari masa kuliah. Mahasiswa akan bebas melakukan apapun tanpa beban dan rasa khawatir akan waktu belajar.  Ya, walau di masa pandemi yang belum usai ini, kamu terpaksa di rumah saja.

Namun, kamu harus tahu bahwa libur semester pasti ada akhirnya. Kamu harus siap menghadapi semester baru dengan suasana yang baru juga. Pasti banyak dari kalian yang kesulitan mengatasi transisi waktu dari liburan ke masuk kuliah lagi. Seperti, kebiasaan bermalas-malasan ketika berlibur. Tentunya itu harus diubah, ya!

Nah, simak beberapa tips menghadapi semester baru setelah libur panjang!

1. Menyiapkan Kesehatan Fisik dan Mental

Untuk kembali menghadapi kegiatan kuliah, kamu harus siap dalam kesehatan fisik maupun mental. Itu adalah hal penting dalam melewati transisi dari libur ke masuk kuliah. Apalagi di masa pandemi, kamu harus tetap menjaga kesehatan dengan baik. Mencari motivasi juga bentuk persiapan mental menghadapi semester baru. Semoga kamu tetap sehat baik fisik maupun mental, ya!

2. Membuat Rencana atau Target

Biasanya setelah mencari motivasi, kamu bisa menentukan rencana atau target apa saja yang akan dilakukan di semester baru. Seperti, rencana belajar yang lebih giat lagi agar nilai ipk mu bisa naik dari semester sebelumnya atau kamu ingin mengikuti magang di luar kuliahmu. Kamu bisa mencatat rencana dan targetmu agar menjadi reminder saat kamu merasa malas atau butuh motivasi belajar.

3. Evaluasi Semester Lalu

Mengevaluasi seluruh yang terjadi di semester lalu adalah salah satu aspek penting yang harus diperhatikan. Jika kamu melakukan kebiasaan buruk seperti bermalas-malasan mengerjakan tugas atau mengerjakannya mepet waktu deadline di semester lalu, kamu harus mengubahnya menjadi lebih giat lagi dalam mengerjakan tugas. Kamu juga harus bisa mengubah dirimu menjadi versi terbaik di semester baru.

4. Bangun Kembali Komunikasi dengan Teman-Teman

Setelah berlibur, beberapa dari kalian pasti jarang bertemu atau berkomunikasi lewat pesan. Sebelum memulai kembali aktivitas perkuliahan, alangkah baiknya kamu menghubungi teman-teman kuliahmu. Selain sekadar bertukar kabar, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar kuliah ataupun di luar kuliah. Bangun relasimu lebih luas di semester baru, mulai dari teman satu angkatan, satu prodi, atau bahkan di luar kampus pun. Itu sangat penting untuk kuliah bahkan masa depan kamu.

5. Mengatur Kembali Jadwal Tidur

Satu hal ini sering kali diabaikan oleh banyak mahasiswa, ya, ‘kan? Jadwal tidur yang berantakan selama liburan akan merusak semangatmu dalam menghadapi semester baru. Kamu harus bisa disiplin mengatur kembali jadwal tidurmu yang benar. Seperti, kamu harus terbiasa bangun pagi dan tidur dibawah jam sepuluh malam. Itu demi kesehatanmu juga saat kembali menjalani masa kuliah.

So, itulah lima tips menghadapi semester baru dan semoga bisa jadi solusi bagi kamu yang belum siap menjalani kembali perkuliahan. Selamat berjuang, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak