facebook

Siap Hadapi UTBK 2022, Apa Saja yang Harus Kamu Persiapkan?

Nuriyatul Mustofiyah
Siap Hadapi UTBK 2022, Apa Saja yang Harus Kamu Persiapkan?
Ilustrasi Ujian Daring. (pexels.com)

UTBK merupakan salah satu jalur seleksi yang harus dihadapi siswa dalam meraih Perguruan Tinggi Negeri impiannnya. Dalam menghadapinya tentu membutuhkan persiapan yang matang agar tidak mengalami kegagalan. Karena perlu kita ketahui bahwa dalam seleksi ini bukan hanya satu atau dua saingan saja melainkan ratusan ribu. Jadi, apa saja yang harus kita persiapkan dalam menghadapi UTBK 2022 ini ? 

1. Siapkan Mental

Persaingan UTBK memang bukanlah persaingan mudah, mengingat saingan yang akan dihadapi bukan hanya teman angkatanmu saja yang mengikuti, melainkan kakak kelasmu yang ingin mengikuti UTBK lagi. Kenapa hal ini bisa terjadi ? Karena persyaratan untuk mengikuti UTBK adalah maksimal untuk kelulusan SMA maksimal 2 tahun. Dengan saingan yang bisa dibayangkan akan seperti apa dan peluang lolos yang cukup berat tentunya membutuhkan mental yang kuat dalam menghadapinya. 

2. Siapkan Tujuan

Tujuan yang dimaksud disini adalah tujuan kampus yang akan kamu ambil dan jurusan yang akan kamu tuju. Kenapa hal ini menjadi aspek yang penting untuk dipertimbangkan ? Tentunya karena hal ini selain sebagai porsi yang perlu kamu ukur untuk rencanakan ke depannya. Selain itu, kamu juga perlu untuk mempersiapkan tujuan jurusan apa yang akan kamu ambil sesuai dengan minat dan bakat kamu. Namun, perlu diingat dalam memilih kedua hal tersebut adalah atas keputusan dalam diri kamu bukan pengaruh orang lain sehingga tidak akan terjadi penyesalan ke depannya. 

3. Siapkan Penguasaan Materi

Salah satu persiapan terpenting dalam menghadapi UTBK adalah penguasaan materi, sehingga kita perlu belajar untuk mempersiapkannya. Karena UTBK tidak akan hanya dihadapi dengan system SKS, terkecuali karena keberuntungan yang persentasenya adalah 1% saja. Banyak terdapat bimbingan belajar yang akan membantu kita dalam mempersiapkan penguasaan materi kita untuk UTBK, baik itu online maupun offline seperti zenius, ruang guru dan neutron. 

Sebenarnya dalam menghadapi UTBK banyak hal yang perlu dipersiapkan, tetapi ketiga hal tersebut merupakan hal terpenting yang perlu kamu persiapkan sejak jauh hari. Hal ini tentunya akan mempermudah peluangmu lolos dalam menghadapi UTBK. Namun, jangan lupa dalam menghadapi UTBK ini teruslah memperbanyak doa sebagai dorongan peluang kelolosanmu. Jadi, buat adik–adik semuanya teruslah semangat dalam menghadapi UTBK dan persiapkan dirimu dalam menyongsong masa depan yang cerah. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak