facebook

Bisa Bikin Frustrasi, Ternyata Menunggu Memiliki 5 Manfaat Ini

Riva Khodijah
Bisa Bikin Frustrasi, Ternyata Menunggu Memiliki 5 Manfaat Ini
Ilustrasi menunggu.[pixabay.com/freestocks-photos]

Saat janjian dengan teman, pasangan, atau siapa pun, pastinya kamu pernah menghadapi situasi di mana mesti menunggu, kan? Memang, menunggu itu bukanlah hal yang mengenakkan dan kerap bikin frustrasi. Apalagi jika harus menunggu lama.

Akan tetapi, ternyata ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapat dari menunggu, lho! Apa saja itu? Simak ulasannya berikut ini, ya!

1. Melatihmu untuk sabar

Seperti telah disinggung sebelumnya, menunggu bukanlah hal yang mengenakkan. Akan tetapi, dengan menunggu kamu bisa melatih bersikap sabar, lho!

Kesabaran itu sangatlah penting dalam kehidupan. Bila kamu mampu melatih sikap sabar, hidup jadi lebih mudah dijalani. Kamu tidak mudah tersulut emosi, sehingga hidup terasa lebih damai.

2. Kamu bisa mengecek apakah hubunganmu baik atau engtidak

Menunggu seseorang juga bisa jadi indikator untuk mengevaluasi hubunganmu selama ini. Dengan menunggu teman, pasangan, atau keluarga, kamu jadi tahu bagaimana mereka menyikapimu.

Bila mereka sering membuatmu menunggu karena selalu datang telat, hal itu mengindikasikan mereka tidak menganggap serius. Mereka yang sudah kamu hargai ternyata tidak memprioritaskanmu. Dan itu bisa dijadikan evaluasi apakah mereka patut untuk terus menjadi lingkaran orang terdekatmu.

3. Kamu bisa gunakan waktu menunggu untuk melakukan refleksi diri

Saat menunggu, kamu bisa gunakan waktu tersebut untuk melakukan refleksi diri mengenai berbagai hal. Di waktu-waktu ini, kamu tidak diganggu oleh siapa pun.

Hal ini berguna buat kamu yang senantiasa sibuk. Terkadang saking sibuknya, kamu jadi tidak sempat punya waktu untuk merenung. Padahal, merenung itu bisa bermanfaat untuk menakar apakah hidup yang selama ini dijalani sudah membuatmu bahagia atau ada yang perlu diperbaiki.

4. Melatihmu untuk memaafkan

Ketika harus menunggu lama, kamu pasti kesal, kan? Tapi, dari sinilah kamu dilatih untuk memaafkan. Ya, selama tidak sering dilakukan, maka bolehlah berikan toleransi pada teman atau pun pasangan yang sudah bikin kamu menunggu.

5. Melatihmu untuk berprasangka baik

Saat kamu menunggu, biasanya sudah terbayang hal-hal yang negatif kenapa dia bisa telat. Tapi, tidak semua orang telat akibat keteledorannya sendiri, atau karena mereka tidak cukup menghormatimu.

Ada pula yang telat dan membuatmu menunggu karena memang mengalami kejadian tak terduga. Di sinilah kamu dilatih untuk berprasangka baik sampai mendengar penjelasannya kenapa dia membuatmu menunggu.

Dari uraian di atas bisa disimpulkan, kalau hal yang tidak mengenakkan ternyata bisa memiliki manfaat juga, lho! Menurutmu, manfaat apa lagi yang bisa didapat dari menunggu?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak