facebook

Tak Perlu Mewah, Ini 5 Tips Self Healing Sederhana untuk Mencegah Stres

Mohamad Ismail
Tak Perlu Mewah, Ini 5 Tips Self Healing Sederhana untuk Mencegah Stres
Ilustrasi self healing. (Pexels/Andrea)

Kesehatan mental penting untuk dijaga. Sebab sama pentingnya seperti kita menjaga kesehatan fisik. Mental yang sehat akan membuat tubuh kita menjadi lebih nyaman saat beraktivitas. Meskipun sulit untuk diketahui dengan jelas, tetapi kesehatan mental dapat kita rasakan dengan jelas.

Saat tengah banyak pikiran, biasanya seseorang akan mulai merasa kurang nyaman dengan kesehariannya. Bisa jadi hal tersebut adalah tanda awal bahwa kondisi mental memang sedang kurang baik. Untuk kembali memulihkan biasanya seseorang akan pergi ke suatu tempat untuk sejenak menenangkan pikiran atau melakukan sebuah hobi. Kegiatan semacam ini biasa disebut dengan istilah self healing.

Belakangan ini media sosial juga tengah ramai dengan trend mengunjungi sebuah tempat yang indah dengan tujuan untuk self healing. Namun, buat kamu yang belum bisa ternyata ada loh cara-cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menyegarkan kembali pikiran kamu. Berikut beberapa tipsnya.

1. Tidur dengan porsi yang cukup

Di tengah kesibukan beraktivitas baik itu bekerja, sekolah, dan sebagainya waktu tidur biasanya menjadi hal pertama yang sering terganggu. Jika kamu mengalami hal demikian, cobalah untuk memperbaiki kualitas tidur kamu yang sempat terganggu. Selain pikiran menjadi lebih tenang, tidur dengan porsinya juga akan membuat badan menjadi lebih bugar. 

2. Olahraga di pagi hari

Suasana udara yang masih sejuk ditambah dengan semangat beraktivitas, olahraga pagi bisa menjadi self healing paling tepat untuk dilakukan. Tak perlu biaya yang mahal, pikiran menjadi lebih tenang, dan pastinya badan menjadi lebih sehat. Kamu bisa lakukan olahraga apa saja yang kamu suka, seperti berlari atau bersepeda.

Selain menyehatkan, suasana pagi hari juga bisa memanjakan mata yang pastinya bisa sedikit meringankan beban di pikiran kamu. Terlebih kamu bisa lakukan hal ini setiap hari tanpa harus pusing memikirkan biaya dan lain-lain.

3. Pergi ke tempat yang tenang di sekitar rumah

Tujuan self healing pada dasarnya adalah untuk menenangkan diri dari hiruk pikuknya aktivitas. Jika kamu tidak ingin mengeluarkan banyak biaya, kamu bisa loh pergi ke tempat yang tenang di sekitar rumah kamu, misal ke kebun dan semacamnya. Namun, ingat, harus tetap berhati-hati dan tidak merusak lingkungan.

4. Masak-masak

Menikmati waktu luang rasanya kurang pas kalau gak ditambah dengan masak-masak. Kegiatan ini juga cocok banget buat kamu yang penat dan ingin menghilangkan stres. Apalagi buat yang jago masak, tentunya memakan masakan sendiri akan terasa lebih puas dibandingkan harus membeli diluar.

Selain itu, kamu juga bisa sekaligus meningkatkan skill dengan mencoba resep-resep baru.

5. Baca buku favorit

Tak perlu jauh-jauh untuk bisa self healing, ada banyak sekali cara yang bisa kamu lakukan bahkan dengan di dalam kamar saja. Kamu bisa membaca buku-buku favorit kamu sembari mendengarkan musik, ditemani minuman dan makanan kesukaan bisa loh bikin pikiran jauh lebih tenang dibanding harus repot-repot pergi keluar kota.

Selain santai, cara ini juga baik untuk tubuh kamu yang mungkin saja lelah beraktivitas. Dengan demikian kamu akan mendapatkan banyak manfaat sekaligus dengan biaya minimal tentunya. 

Itulah tadi beberapa tips self healing sederhana yang tak kalah baiknya untuk kesehatan mental. Semoga apa yang kita lakukan dapat membawa banyak manfaat bagi kesehatan fisik dan mental.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak