facebook

Ingin Rutin Menabung! Simak Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Berjangka

MUHAMMAD FAUZI
Ingin Rutin Menabung! Simak Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Berjangka
Ilustrasi menabung.[Freepik]

Banyak sekali jenis tabungan yang ditawarkan oleh pihak bank, salah satunya yang menjadi pembahasan kali ini adalah tabungan berjangka. Nah, jika kamu memiliki keinginan menabung secara rutin dan disiplin setiap bulannya. Maka tabungan berjangka sangat cocok dan bisa menjadi solusinya. 

Tabungan berjangka merupakan simpanan yang disetorkan oleh nasabah dengan periode waktu tertentu. Namun perlu diingat juga, tabungan berjangka ini berbeda dengan tabungan reguler yang dapat diambil sewaktu-waktu. Sehingga, dana dari tabungan berjangka baru bisa dicairkan setelah jatuh tempo yang sudah disepakati.

Karena itulah saat menggunakan tabungan berjangka, kamu tidak akan bisa mengambil dana sesuka hati. Sebab apabila dana diambil sebelum jatuh tempo, maka akan dikenai biaya denda.

Jangka waktu tabungan berjangka cukup banyak pilihannya. Pada umumnya, bank akan menawarkan mulai dari jangka waktu 6 bulan hingga 20 tahun. Sedangkan untuk setoran bulanan pada tabungan ini, setiap bank memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Ada yang minimum perbulannya Rp100ribu, ada pula yang Rp500ribu per bulannya.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan jenis tabungan yang satu ini, harap mengetahui kelebihan dan kekurangannya terlebih dahulu.

A. Kelebihan

  • Memiliki fitur autodebet

Fitur ini menjadi salah satu kelebihan dari tabungan berjangka. Pasalnya, fitur ini akan memudahkanmu dalam  menabung, karena tak perlu lagi melakukan setoran secara manual. Setiap bulan dana kamu akan otomatis terpotong dari tabungan regulermu. 

  • Tersedia asuransi jiwa

Tabungan ini menyediakan fasilitas asuransi jiwa bagi nasabahnya. Biasanya beberapa bank akan memberikan fasilitas ini dengan cakupan perlindungan nasabah mulai kecelakaan hingga meninggal dunia. Jadi, apabila nasabah meninggal dunia, maka pewaris sah akan mendapatkan sejumlah dana seperti yang telah disepakati sebelumnya.

B. Kekurangan

  • Terkesan Memaksa Menabung

Fitur autodebet memang akan memudahkan kita untuk menabung secara otomatis. Namun, terkadang hal ini juga menjadi beban tersendiri bagi kita. Selain itu, uangnya juga tidak bisa diambil sebelum jatuh tempo.

  • Bukan produk investasi

Tabungan berjangka bukanlah produk investasi. Jenis tabungan ini lebih cocok digunakan untuk menabung dan bukan sebagai investasi. Pasalnya, bunga dari tabungan ini lebih rendah dari jenis investasi lainnya.

Jadi, jika ingin mencoba tabungan berjangka, sebaiknya pastikan terlebih dahulu sumber penghasilanmu. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak