facebook

Mau Memulai Presentasi yang Menarik? Yuk Coba 5 Awalan Mengesankan Ini!

Adira Putri Aliffa
Mau Memulai Presentasi yang Menarik? Yuk Coba 5 Awalan Mengesankan Ini!
Ilustrasi orang yang sedang presentasi (Pexels.com/adiraliffa)

Presentasi adalah kegiatan yang sudah sangat umum dilakukan dalam berbagai kegiatan. Biasanya seseorang melakukan presentasi memiliki tujuan untuk menyampaikan materi, ide, dan lain-lain. Jadi, presentasi bisa dibilang adalah kegiatan yang sangat penting.

Sehubungan dengan pentingnya presentasi, kiranya perlu sebuah presentasi yang menarik agar disukai oleh pendengar dan banyak yang memberikan perhatian. Selain materi yang informatif, untuk membuat suatu presentasi yang menarik juga perlu adanya awalan yang mengesankan. Di mana hal ini sangatlah penting karena kesan pertama akan menentukan kita akan didengar sampai habis atau tidak.

Bagi beberapa orang, khususnya pelajar, masih cenderung bingung dalam memulai presentasi. Kalaupun tidak, presentasi masih diawali dengan gaya yang biasa seperti perkenalan nama. Padahal ada banyak sekali variasi awalan yang bisa digunakan.

Berikut 5 awalan mengesankan Ini untuk memulai presentasi yang menarik:

1. Memberikan Pantun

Memberikan pantun ini sebenarnya lebih banyak digunakan  pada penutup presentasi, tetapi tak ada salahnya juga bila memberikan pantun di awal presentasi. Untuk mengawali sebuah presenatsi dengan pantun, isi pantunmu bisa tentang topik yang akan kamu bahas, bisa juga tentang permasalahan yang ingin kamu atasi, atau sebagainya. Sesuaikan dengan kreatifitasmu saja.

2. Memberikan Paribahasa

Selain pantun kamu juga bisa memberikan paribahasa yang cocok dengan topik yang akan kamu sampaikan pada presentasimu. Setelah memberikan paribahasa kamu bisa melanjutkannya dengan sedikit penjelasan atau arti dari paribahasa itu. Lalu bisa langsung kamu kaitkan pada materi yang akan kamu sampaikan.

3. Memberikan Kutipan Quote dari Tokoh Dunia

Awalan yang ketiga ini tak kalah menariknya dari kedua awalan sebelumnya. Di mana semua orang pasti akan langsung terpanah bila kamu melontarkan kata-kata bijak dan menyentuh dari tokoh dunia pada awal presentasimu. Kamu bisa memilih quote yang sesuai dengan topik yang kamu bahas, juga tokoh yang menghasilkan karya-karya berpengaruh di dunia. Jangan lupa kamu juga harus menyebutkan nama tokoh tersebut jika ingin mengutip kata-katanya.

4. Memberikan Pertanyaan 

Awalan yang ini maksudnya adalah pertanyaan yang membuat pendengarmu penasaran dengan jawabannnya atau pertanyaan retoris yang di mana tidak memiliki jawaban, tetapi menarik untuk dibahas. Sama seperti tiga awalan sebelumnya, pertanyaan ini harus sesuai dengan isi materimu ya.

5. Menjelaskan Latar Belakang Presentasi Lebih Dulu

Ada baiknya bila sebisa mungkin tidak memberikan perkenalan pada awal presentasi. Selain empat hal di atas kamu bisa memakai awalan yang ke lima ini yakni, menjelaskan latar belakang kamu mengangkat materi yang akan kamu sampaikan. Lalu setelah itu bisa kamu lanjutkan dengan gagasan atau langsung pada materimu.

Itu dia 5 awalan yang mengesankan untuk membuat presentasi lebih menarik. Semoga bermanfaat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak