facebook

5 Tips Tingkatkan Rasa Percaya Diri yang Bisa Kamu Terapkan, Lawan Rasa Takut!

Nanda Putri
5 Tips Tingkatkan Rasa Percaya Diri yang Bisa Kamu Terapkan, Lawan Rasa Takut!
Ilustrasi orang yang percaya diri dengan perbedaan warna kulit. (pexels/monstera)

Percaya diri berarti kamu yakin pada kemampuan dan kualitas diri yang kamu miliki. Kepercayaan diri sangat penting bagi kesehatan terutama kesejahteraan secara psikologis. Tingkat kepercayaan diri yang kamu miliki, akan sangat berpengaruh terhadap caramu dalam menunjukkan diri kepada orang lain.

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih percaya diri akan cenderung lebih sukses dan berprestasi secara akademis. Lalu, bagaimana cara kita untuk meningkatkan rasa percaya diri? Berikut lima ulasan yang dapat membantumu untuk meningkatkan rasa kepercayaan diri.

1. Berhenti untuk membandingkan dirimu dengan orang lain

Sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Personality and Individual Differences mengatakan, bahwa ketika seseorang membandingkan diri dengan orang lain maka mereka akan mengalami rasa kecemburuan. Semakin mereka iri, maka akan semakin buruk perasaan mereka terhadap diri sendiri, sehingga menyebabkan turunnya tingkat kepercayaan diri.

Jika kamu merasa iri dengan orang lain, ingatkan pada diri sendiri bahwa kamu juga memiliki kekuatan dan pencapaian yang kamu capai dengan perjuangan yang sulit. Meningkatkan rasa syukur terhadap diri sendiri, juga membantumu untuk berhenti membandingkan diri dengan orang lain.

2. Berada dalam lingkungan yang positif

Lingkungan sekitar cukup berpengaruh terhadap kepercayaan diri sendiri. Misalnya saja, jika kamu dikelilingi oleh orang yang selalu menjatuhkan mu. Oleh karena itu, akan menurunkan rasa kepercayaan dirimu seiring waktu, sehingga kamu tidak berani untuk menunjukkan diri lagi kepada banyak orang.

Carilah orang-orang yang selalu mendukungmu apa adanya dan selalu memberikan masukan positif. Jika kamu berteman dengan orang yang positif, maka cara pandangmu akan ikut berubah menjadi lebih positif.

3. Menghargai diri sendiri

Menjadi tidak sempurna atau gagal adalah bagian dari menjadi manusia. Hargailah setiap usaha yang kamu lakukan, dan cintai dirimu apa adanya. Ketidaksempurnaan bukan berarti hal yang harus ditutupi, karena itu adalah ciri khas yang kamu miliki.

Pembeda antara dirimu dengan yang lain. Ubahlah cara pandangmu bahwa tidak ada manusia yang terlahir sempurna. Terimalah kekurangan yang ada pada dirimu dan berusaha untuk menjadi lebih baik lagi ke depannya.

4. Katakan hal yang positif pada diri sendiri

Ucapan sangatlah berpengaruh pada kepribadian diri sendiri. Mengucapkan kata yang optimis pada diri sendiri dapat membantu menumbuhkan rasa kasih sayang pada diri sendiri dan membantumu untuk lebih kuat lagi dalam menghadapi tantangan.

Alih-alih berkata “tidak bisa,” lebih baik mengatakan “saya pasti bisa melakukannya.” Dengan begitu, keraguan dalam dirimu akan hilang dan kamu lebih percaya diri.

5. Melawan rasa takut

Berhentilah untuk menunda sesuatu dan menunggu dirimu untuk lebih percaya diri lagi. Sebab, kita tidak pernah tahu, apakah kesempatan itu akan datang dua kali. Misalnya saja, kamu ingin mengikuti lomba bernyanyi. Alih-alih takut karena akan mempermalukan diri sendiri dan membuat kesalahan, lebih baik kamu melangkah maju untuk mengambil kesempatan itu.

Sehingga kamu tidak akan dihantui oleh rasa penasaran atau penyesalan karena tidak berani mencobanya. Berbuat kesalahan tidaklah seburuk apa yang kamu pikirkan. Setiap kali kamu memutuskan untuk melangkah lebih maju, maka keraguan dalam dirimu akan hilang dan kepercayaan dirimu akan meningkat.

Itulah lima tips tingkatkan rasa percaya diri yang bisa kamu terapkan. Optimislah pada diri sendiri dan berani untuk melawan rasa takut, agar kamu dapat lebih maju satu langkah. Perlu dicatat, bahwa satu langkah kecil dapat mengantarkanmu ke gerbang kesuksesan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak